past participle

6 Fungsi The Past Participle (Kata Kerja Partisipatif)

Posted on

Salam Bahagia Sahabat Semuaaa…. pada kesempatan kali ini kita masih membahas tentang Participle , pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Participle merupakan suatu bentuk kata kerja yang telah dikata sifatkan dan berfungsi sebgai kata sifat I (adjective) yang memberi keterangan kepada kata benda(noun). Berdasarkan tata bahasanya Participle terdiri dari 2 macam yaitu, The Present Pariciple dan The Past Participle. Nah sahabat Bahasa Inggris okee.. Kali ini kita akan membahas The Past Participle atau kata kerja partisipatif.

past participle

The Past Participle atau kata kerja partisipatif

The Past Participle atau kata kerja partisipatif, merupakan jenis kata kerja yang mendapatkan penambahan akhiran huruf –ed untuk jenis kata keja beraturan (regular verb) dan untuk jenis kata yang tidak beraturan atau yang sering kita sebut sebagai irregular verb. Nah, kitasering menyebutnya sebagai kata kerja past participle atau Verb 3. The Past Participle atau kata kerja partisipatif mengandung sebuah arti aktif dan menunjukkan waktu lampau (past time). Misalnya: spoken (berbicara), listened (mendengarkan), written (menulis), waited (menunggu), walked (berjalan) dan lain-lain.

Biasanya untuk mengartikan The Past Participle atau kata kerja partisipatif kedalam bahasa inggris kita bisa menggunakan atau menambahan awalan di-, ke- atau ter- yang digabungkan dengan kata kerja.

Misalnya

taken (diambil)

fallen (terjatuh)

broken (tersobek)

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini

  • The girl smiled was my friend
    (Gadis yang tersenyum itu adalah kawanku)
  • Rejected by all his friends, he decided to move to another town
    (Ditolak oleh semua kawan-kawannya, dia(laki-laki) memutuskan untuk pindah ke kota yang lain)

Berikut ini adalah The Function of Past Participle atau kegunaan dari kata kerja partisipatif berdasarkan struktur pemakaian dalam kalimat , sebagai berikut:

  1. Head merupakan kata atau kalimat yang berkedudukan sebagai yang telah dijelaskan dan berfungsi sebagai kata sifat (adjective) yang bisa diletakan dibelakang kata benda (noun) bila menyatakan suatu perbuatan
  2. Digunakan sebagai kata majemuk (compound noun) atau modifier (kata yang menentukan sifat) yang diletakkan didepan kata benda berupa orang atau binatang yang mendapatkan keterangan kata sifat yang mengandung arti aktivitas(sesuatu yang melakukan aktivitas)
  3. Digunakan sebagai kata sifat (adjective) dalam sebutan predikat yang memakai to be. Dalam hal ini Past Participle itu menyatakan suatu sifat (Adjective) atau biasanya diikuti dengan preposition (kata depan) tertentu yang menernagkan penyebabnya
  4. The Past Participle atau kata kerja partisipatif dapat digunakan sebagaimana adverbs (kata keterangan/tambahan) yang menerangkan bagaimana atau mengapa sesuatu hal terjadi
  5. The Past Participle atau kata kerja partisipatif dapat digunakan setelah kata kata kerja (verb) berikut ini yang mempunyai arti pasif yaitu: have (telah), get(mendapatkan), wish (menginginkan), want (ingin), see (melihat), prefer (lebih suka), like (suka), find (mencari/menemukan.mendapatkan), feel (merasakan), make (membuat/manjadikan) dan sebagainya
  6. Ada beberapa The Past Participle atau kata kerja partisipatif yang kata dasarnya merupakan salah satu kata kerja intransitive (intransitive verbs) tidak mempunyai arti pasif dan hanya menyatakan suatu tindakan atau peristiwa yang telah terjadi atau telah selesai.

Demikian penjelasan mengenai 6 Fungsi The Past Participle (Kata Kerja Partisipatif) merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :