anecdote

Anecdote Text : Pengertian, Jenis Dan Ciri-Ciri Anecdote Text

Posted on

Pada kesempatan hari ini yang cerah ini kita akan membahas mengenai sebuah jenis teks yang biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah cerita yang mirip dengan jenis teks recount atau cerita pengalaman. Namun perbedeaannya berupa akhir ceritanya.

anecdote

Hayoo kira kira jenis teks yang seperti apakah itu?

Anecdote text atau yang dikenal sebagai teks deskriptif merupakan salah satu jenis teks yang dibuat atau bertujuan agar pembaca atau pendengar mengetahui kandungan isi wacana atau yang beisi tentang menceritakan sebuah cerita nyata yang lucu dari sebuah pengalaman. Pengalaman tersebut yang akan diangkat kedalam sebuah cerita bisa bersumber dari pengalaman pribadi atau berdasarkan pengalaman orang lain. Akhir ceritanya harus bersifat lucu ataupun aneh/unik.

Dalam jenis teks anecdote ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar sebuah teks anecdote mudah dipahami, antara lain:

Generic Structure

Generic Structure atau yang dikenal sebagai sebuah ururtan struktur atau susunan yang berhubungan bagian-bagain wacana diaman setiap bagian dipisahkan dengan ciri-ciri paragrapnya berbeda. Generic Structure dari anecdote  text antara lain:

  • abstract
    abstract merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah pernyataan yang berisi beberapa isyarat yang dimana hal tersebut tidak dianggap lumrah dalam kejadian sehari-hari
  • orientation
    orientation merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   pendahuluan atau sebuah pembukaan yang biasanya memperkenalkan tokoh, tempat, waktu dan lain-lain
  • event
    events merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   urutan kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu yang sistematis dan teratur. maksudnya teratur bahwa dalam merangkaiakan peristiwanya secara berurutan dari awal sampai akhir peristiwa
  • crisis
    Crisis merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah awal mula sebuah masalah
  • reaction
    reaction merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan tindakan atau aksi yang dilakukam untuk menanggapai masalah yang sedang dihadapi
  • coda
    coda merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan terjadi perubahan yang terjadi pada tokok dan pelajaran yang dapat dipetik ceritanya yang bersifat opsional
  • reorientation
    reorientation   merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah pernyataan yang memperkenalan subjek atau objek yang disoroti. pada bagian ini si penulis menceritan singkat mengenai cerita yang sudah diceritakan sebelumnya.

Language Feature

Language Feature atau yang dikenal sebagai sebuah struktur atau susunan yang berhubungan dengan grammar atau sebuah tata bahasa. Dalam penyusunan anecdote text ada beberapa unsure kebahasaan yang harus kita pahami sehingga mempermudah kita membuat dan juga mempermudah para pendengar atau pembaca memahami informasi yang kita ingin sampaikan, antara lain:

  • menggunakan sebuah tense yang menunjukkan sebuah kejadian yang terjadi dimasa lampau, the simple past tense.
  • menggunakan action verb atau kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan bahwa si tokoh melakukan sebuah kegiatan.
  • menggunakan noun spesifik atau kata benda yang khusus.
  • menggunkaan exclamation atau kata seruan yang menjadikan kalimat tersebut atau katanya lebih ditekan
  • menggunakan rhetorical question atau sebuah pertanyaan yang bersifat retorik.
  • menggunakan time connective atau penghubung waktu sehingga kalimatnya tersusun rapih menyesuaikan dengan waktu terjadinya.
  • menggunakan conjunction atau kata penghubung sehingga antara kalimat yang satu dengan yang lain saling terkait.
  • menggunkana adverb dan adverb phrase.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Anecdote Text : Pengertian, Jenis Dan Ciri-Ciri Anecdote Text  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: