Belajar Bahasa Inggris Termudah : Contoh Descriptive Text Terlengkap

Belajar Bahasa Inggris Termudah : Contoh Descriptive Text Terlengkap

Posted on

Salam semangat terhangat dan terdahsyat buat English lover di manapun anda berada. Tahukah anda ternyata sebuah jenis text bahasa Inggris dapat ditemukan dalam berbagai karya sastra. Kali ini kita akan bedah penggunaan dan contoh – contoh Descriptive text dalam berbagai karya sastra.

Contoh Teks Descriptive

Dalam penulisan Descriptive, penulis tidak sedang memberitahukan ke pada pembaca apa yang dilihat, dirasakan, dirasa, dicium, atau didengar. Akan tetapi, ia menjelaskan sesuatu yang dia alami melalui pilihan kata-kata yang membuatnya tampak nyata. Dengan kata lain, menulis Descriptive adalah menulis gambaran yang hidup, penuh warna, dan detail.

Menghidupkan Kata-Kata Dalam Text Descriptive

Dalam menulis Descriptive Text, penulis harus mampu menciptakan kesan dalam pikiran pembaca dari suatu peristiwa, tempat, orang, atau hal yang coba dideskripsikan. Penulisan akan sedemikian rupa sehingga dapat mengatur suasana hati atau menggambarkan sesuatu secara rinci sehingga pembaca seolah – olah melihat hal itu, dan mereka akan mengenalinya. Menulis Descriptive adalah mencoba menghidupkan kata-kata dan membuat menarik sebuah teks.

Belajar Bahasa Inggris Termudah : Contoh Descriptive Text Terlengkap

Beberapa Contoh Teks Descriptive Meliputi:

  • The sunset fills the entire sky with the bright color of rubies.

Matahari terbenam memenuhi seluruh langit dengan warna rubi yang cerah.

  • The waves crash and dance along the shore, moving up and down in a cheerful rhythm like they were dancing

Gelombang berdeburan dan menari sepanjang pantai, bergerak naik dan turun dalam irama bahagia seolah menari.

  • This painting is full of flowers that seems to beck on you to reach right in and pick them. 

Lukisan ini penuh dengan bunga yang tampaknya mengisyaratkan anda untuk mencapai dan menjemput mereka.

  • His deep and soulful blue eyes arelike the color of the ocean on the clearest day you can ever imagine.

Mata birunya yang dalam dan penuh perasaan laksana warna laut pada hari tercerah yang dapat anda bayangkan.

  • The soft fur of the dog feels like silk against my skin and her black coloring glistens as it absorbes the sunlight, reflects it back as a perfectly as a mirror. 

Bulu lembut anjing terasa seperti sutra yang mengusap kulitku dan warna hitamnya berkilau karena dia menyerap sinar matahari, mencerminkannya kembali dengan sempurna seperti sebuah cermin.

Teks Descriptive Dalam Sastra

Karena teks Descriptive begitu kuat, banyak contoh dari teks ini dapat kita temukan dalam literatur dan puisi terkenal. Dalam kutipan di bawah yang disadur dari Jamaika Inn ditulis oleh Daphne du Maurier kita dapat melihat pilihan penulisan dari kata sifat, kata keterangan, dan kata kerja dalam sebuah teks Descriptive.

“It was a cold grey day in late November (Hari itu adalah hari yang berkabut dan dingin di akhir November). The weather had changed overnight, when a backing wind brought a granite sky and a mizzling rain with it, and although it was now only a little after two o’clock in the afternoon the pallor of a winter evening seemed to have closed upon the hills, cloaking them in mist (Cuaca telah berubah dalam semalam, saat dorongan angin membawa gumpalan awan dan hujan rintik – rintik bersamanya, dan meskipun saat itu sudah lewat pukul dua, siang yang pucat dari malam musim dingin tampaknya telah mendekat di atas bukit-bukit , menyelimuti mereka dalam kabut).”

Anda dapat melihat bahwa penulis dengan hati-hati memilih kata-katanya sehingga pembaca hampir bisa melihat dan merasakan cuaca yang terjadi.

Teks Descriptive Dalam Lagu

Contoh teks Descriptive juga dapat ditemukan di banyak lagu, karena lagu dimaksudkan untuk menarik emosi anda dan untuk membangkitkan perasaan. Perhatikanlah lirik lagu dari Davis’s yang berjudul “Life in the Iron Mills”:

“The idiosyncrasy of this town is smoke. It rolls sullenly in slow folds from the great chimneys of the iron-foundries, and settles down in black, slimy pools on the muddy streets. Smoke on the wharves, smoke on the dingy boats, on the yellow river–clinging in a coating of greasy soot to the house-front, the two faded poplars, the faces of the passers-by.”

Nah sekarang anda telah mengetahui beberapa contoh Descriptive text dan anda dapat mencoba membuatnya sendiri dalam karya – karya anda. Mulailah menggali potensi terpendam anda. Raihlah prestasi tertinggi anda dalam hal berkarya sastra. Terus gunakan bahasa Inggris yang baik dan sesuai fungsinya bersama kami bahasainggrisoke.com tercinta J