Prepositional-Phrases

Fungsi Dan Contoh Kalimat Prepositional Phrase Terlengkap

Posted on

Selamat hari bahagiaaa kawan semua?

Pastinya saat kalian pertama kalinya membuka mata untuk hari ini, kalaian harus mngawali dengan senyuman dan bahagiaaa. Abaikan yang namanya kegaalauan, dengan belajar bahasa inggris merupakan salah satu kegiatan atau rutinitas yang bermanfaat dan mendapat pahala juga tentunya. Jadi jangan pernah bosen mencarai tahu ilmu yang kalian belum pernah pelajari dan jangan malas mempraktekkan ilmu yang sudah kalian dapatkan.

Kita lanjut mengenai bahasan kita pada kesempatan pada hari ini, kita akan membahas menganai kelompok kata pada kata depan (preposition). Jadi iniiii,, kata depan selain bisa merupa beberapa suku kata ternyata kata depan bisa didampingkan dengan kata sifat (adjective) ataupun kata keterangan/tambahan (adverb).

Prepositional-Phrases

Dalam bahasan beberapa waktu yang lalu, telah membahas mengenai kata sifat (adjective) dan jenis kata-kata yang termasuk didalamnya,dan kata keterangan/tambahan (adverb) dan jenis kata-kata yang termasuk didalmnya.

Adjective Prepositional Phrase (ungkapan kata depan dengan kata sifat) dan Adverbial Prepositional Phrase (ungkapan kata depan dan kata keterangan/tambahan) memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai Subjek (pelaku) dalam suatu kalimat

Dalam hal ini, subjek atau pelaku di dalam suatu kalimat bukan merupakan satu kata benda (noun), kata ganti (pronoun), atau lebih, melainkan suatu ungkapan (phrase) yang didahului oleh kata depan (preposition). Perhatikan contoh dibawah ini:

  • To be a wise and clever person is difficult
    (Menjadi seorang yang bijak dan pintar itu adalah hal yang sulit)
    Dalam contoh kalimat diatas ungkapan (phrase), “to be a wise and clever person” merupakan subjek atau pelaku, dengan kata “is” sebagai kata kerja nominal dan kata “difficult” sebagai kata sifat yang berfungsi sebagai subjek pelengkap (Subject complement) dalam kalimat.

 

  1. Sebagai Keterangan Tambahan (Appositive)

Dalam hal ini, suatu ungkapan (phrase) yang didahului oleh kata depan berfungsi sebagai keterangan tambahan (appositive) yaitu ungkapan (phrase) yang mempunyai arti sama dengan kata benda (noun). Perhatikan contoh dibawah ini:

  • The island of Biak is located in Papua
    (Pulau Biak berlokasi di Papua)
    Dalam contoh kalimat diatas ungkapan (phrase) “of biak” berfungsi sebagai keterangan tambahan (appositive) dan mempunyai arti yang sama dengan kata “city”

 

  1. Sebagai Objek

Dalam hal ini, semua ungkapan (phrase) yang diudahului oleh kata depan berfungsi sebagai objek dari suatu kalimat. Perhatikan contoh dibawah ini:

  • Roy said,”For him
    (Roy berkata,”Unutk dia (laki-laki)
    Dalam contoh kalimat diatas ungkapan (phrase) “for him” berfungsi sebagai objek dari kata “said”

 

  1. Sebagai Objek dari kata depan (Object of preposition)

Dalam hal ini, suatu ungkapan (phrase) yang didahului oleh kata depan berfungsi sebagai objek dari kata depan dalam suatu kalimat. Perhatikan contoh dibawah ini:

  • The man entered the empty house in the middle night
    (Laki-laki itu memasuki rumah kosong pada tengah malam)
    Dalam contoh kalimat diatas, ungkapan (phrase) “the middle night” berfungsi sebagai objek dari kata depan “in

 

  1. Sebagai Disguised Preposition(Kata depan yang tersembunyi)

Disguised Preposition(Kata depan yang tersembunyi) merupakan kata depan yang dibentuk mempunyai sifat tersembunyi atau tidak kelihatan sebagai kata depan.

a. Kata depan ini telah diperlihatkan sebagaimana kata “by” yang dapat diubah kedalam “be”.Perhatikan penjelasan dibawah ini:

  • by + hind menjadi be+ hind mempunyai arti yang sama behind (belakang)

b. Kata depan ini telah diperlihatkan sebagaimana kata “on” yang dapat diubah kedalam “a”. Perhatikan penjelasan dibawah ini:

  • on + cross menjadi a + cross mempunyai arti yang sama denga across (diseberang)

c. Kata depan ini telah diperlihatkan sebagaimana kata “a” yang dapat diubah kedalam “on” didepan Gerund. Perhatikan penjelasan dibawah ini:

  • She went a-hunting (dia (perempuan) pergi berburu)

d. Kata depan ini telah diperlihatkan sebagaimana kata “o” yang dapat diubah kedalam “of” .Perhatikan penjelasan  dibawah ini:

  • one of the clock menjadi one o’clock (pukul satu)
  • Jack of the lantern menjadi Jack o lantern (buah labu yang dilubangi menyerupai wajah manusia)

Demikian penjelasan tentang Fungsi Dan Contoh Kalimat Prepositional Phrase Terlengkap merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :