modal verb dare

Fungsi Dare (Modal verb) Terlengkap Beserta Contoh Kalimatnya

Posted on

Pernah mendengar kata Dare kan kawan? Yang dibayangkan oleh kita bahwa kata tersebut digolongkan sebagai kata kerja (verb). Namun, dalam kata bantu kerja (auxiliary verb) kata dare digolongkan sebagai salah satu jenisnya. Selamat menikmati penjelasan dan pembahsanya dibawah ini ya kawan.

Dare yang sering kita gunakan dalam suatu kalimat, tidak serta merta berarti “berani” saja. Namun, kata Dare yang merupakan salah atu jenis Modal Auxiliary verb ini masih mempunyai makna lain, tentunya menyesuaikan dengan kalimat (sentence) atau ungkapan (phrase). Mari kawan kita mengulik lebih dalam mengenai jenis Modal Auxiliary verb ini.

modal verb dare

Dare yang mempunyai arti kata “berani” dapat digunakan dalam suatu kalimat atau ungkapan untuk:

  1. sebagai kata kerja bantu (auxiliary)

Dalam penggunaan dan penempatan kata dare ini, kita harus menggunakan kata kerja yang mengikutinya dalam bentuk pertama (infinitive/ verb 1) tanpa ada tambahan artikel-artikel lainnya. Artikel yang dimaksud adalah penambahan “-es, -s, ed, -d, -ing atau –ly”. Contohnya:

  • Maria dare speak English with me but she doesn’t dare speak with other classmate
    (Maria berani berbicara menggunakan bahasa Inggrris dengan aku namun dia perempuan tidak berani berbicara dengan kawan sekelasnya yang lain)
  • Siska dares stay at home alone and only use candle
    (Siska berani inggal dirumah sendirian dan hanya menggunakan lilin)
  • We dare go to the church by bus, because many passengers are there
    (Kami brani berangkat ke gereja menggunakan Bus karena banyak penumpang yang berada disana)

  1. Kata Dare disamping sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb) juga dapat digunakan sebagai kata kerja dasar (infinitive). Jika digunakan dalam bentuk infinitive, maka bentuk kalimat negative dan kelimat Tanyanya harus disertai dengan “do atau does”. Penggunaan kata kerja bantu “do + dare”, itu digunakan untuk subjek jamak, subjek jamak yang dimaksudkan seperti “I(aku), you (kamu), they(mereka), we (kami))” sedangkan pemakain “does + dare” digunakan unutk subjek tunggala, sperti “he(laki-laki), she (perempuan) dan it (benda)”. Dan untuk kalimat Tanya, ada penambahan akhiran –es/s untuk subjek tunggal. Perhatikan contohnya:
  • if you dare go through the dark road, I would like to give you whatever you want
    (Kalau kamu berani pergi melalui jalan yang gelap, aku kan memberimu apapun yang kamu mau)
  • Hendry dares keep his ideas if it is good for his company
    (Hendy berani mempertahanklan idenya jika itu bagus untuk perusahaannya)
  • A line dares climb the high trees
    (Seekor singa berani memanjat pohon yahg tinggi)

  1. Apabila digunakan untuk menyatakan suatu keberanian dimasa lampau (past tense), maka kata dare mendapat penambahan akhiran –d, Kata ini mempunyai 2 (dua) bentuk yang dapat dipakai untuk kalimat Tanya ataupun kalimat negative dengan menambahkan “not”. Perhatikan contohnya:
  • Dared you go to Bali alone?
    (beranikah kamu berangkat ke Bali?)
  • Did you dare  (to) visit me last week?
    (apakah kamu berani mengunjungiku minggu lalu?)
  • Did She dare wait the bus at the bus station?
    (apakah dia perempuan berani menunggu bus di tempat pemberhentian bus?)

Catatan: “Kata dare not to atau don’t dare not ” memiliki arti tidak berani. kata dare dadlam bahasa inngris  tertulis dan kata  don’t dare to diapakai dalam bahsa inggris lisan. Ttapi dalam bahasa inggris  penggantinya  ” daren’t

Demikian penjelasan tentang Fungsi Dare (Modal verb) Terlengkap Beserta Contoh Kalimatnya merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :