Generic Structure Email

Penjelasan Lengkap Generic Structure E-mail Beserta Contoh dan Terjemahannya

Posted on

Selain surat, sekarang ini ada juga E-mail atau Electronic Mail yang merupakan pesan atau surat dalam bentuk elektrik. E-mail memiliki tiga bagian pokok. Paling tidak, ada dua penyedia layanan e-mail di internet, yaitu @gmail.com atau @yahoo.com. Namun, bagian-bagian atau elemen-elemen dalam kedua bentuk e-mail tersebut tidak jauh berbeda.

 

Generic Structure e-mail

  1. Header berisi informasi tentang pengirim dan penerima e-mail, waktu pengiriman dan subjek surat tersebut. Pada bagian ini biasanya ada singkatan cc yang merupakan kependekan dari carbon copy yang diisi alamat e-mail orang lain yang berhak menerima kopi surat tersebut.

  2. Mesasage body adalah bagian yang menjelaskan isi surat

  3. Signature bagian ini menunjukkan identitas pengirim surat.

Generic Structure Email

 

Contoh E-mail

From     : [email protected]

To           : [email protected]

Sent        : Sunday, 8th November 2015 07.00 p.m

Subject   : My hobby (Header)

 

Dear Rasya,

How are you? I miss you.

It has been a year since you move to Jakarta. You know? I have a new hobby, going to the cinema. Whenever I have spare time, I go. I have already watched twenty films. I watch all kinds of films-drama, horror and crime.

One night, after a movie, I left the cinema hurriedly. My watched showed 11.30 pm as I got on my bicycle. I pedaled hard and sped home. My thoughts returned to one of the scenes that I had just seen. It was a very scary movie. I could clearly remember a woman screaming, as she was being attacked by a monster. That frightful scene stayed on my mind.

I think that’s all for now. Write to me soon, okay! (Message body)

 

Regards Sabil. (Signature)

 

Terjemahan e-mail

Dari     : [email protected]

Untuk  : [email protected]

Terkirim: Sunday, 8th November 2015 07.00 p.m

Perihal : My hobby

 

Untuk Rasya,

Apa kabar? Aku merindukanmu.

Sudah setahun sejak kamu pindah ke Jakarta. Kamu tahu? Aku punya sebuah hobi baru, pergi ke bioskop. Kapanpun aku memiliki waktu luang, aku pergi ke bioskop. Aku sudah menonton dua puluh film. Aku menonton semua jenis film drama, horror dan kriminal.

Suatu malam, setelah menonton film, aku meninggalkan bioskop dengan tergesa-gesa. Jam tanganku menunjukkan pukul setengah dua belas malam dan aku mengendarai sepedaku. Aku mengayuhnya dengan sangat cepat. Pikiranku saat perjalanan pulang kerumah tertuju pada salah satu adegan yang baru aku tonton. Itu adalah film yang sangat mengerikan. Aku dapat mengingatnya dengan jelas saat seorang wanita menjerit, saat dia diserang oleh sebuah monster. Adegan mengerikan itu terus tinggal dipikiranku.

Kupikir cukup sampai sini dulu. Tulis balasan untukku secepatnya, oke!

 

Dari Sabil.