greetings and introductions

Contoh Sapaan dan Perkenalan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris “Greetings and Introductions”

Posted on

Memahami Cara dan Contoh Sapaan Perkenalan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris “Greetings and Introductions”

Dalam setiap wawancara kerja di sebuah perusahaan tentu saja hal pertama yang harus diperhatikan selain dari sikap dan penampilan anda adalah tutur bahasa yang sebaiknya anda gunakan dan pelajari terlebih dahulu sebelum bersiap untuk wawancara.

Untuk kelas wawancara apa pun baik wawancara anda dalam perusahaan yang basiknya adalah perusahaan Indonesia mungkin tidak akan terlalu sulit karena wawancara yang akan terjadi adalah wawancara dalam bahasa Indonesia, namun sebaiknya anda memahami beberapa poin penting saat anda akan menyapa dan berkenalan saat wawancara dengan perusahaan asing atau perusahaan di Indonesia namun menggunakan tes wawancara dengan bahasa Inggris.

Jangan sampai anda melewatkan kesempatan untuk bisa masuk ke dalam sebuah perusahaan tersebut karena anda tidak memahami poin penting dalam wawancara tersebut hanya karena salah dalam memberikan ucapan salam atau sapaan dan saat melakukan perkenalan.

Sapaan dan perkenalan formal wawancara kerja dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

Sapaan
Response/Jawaban
Good morningGood afternoonGood evening Good morningGood afternoonGood evening

 

Setelah melewati sapaan seperti contoh diatas saat anda telah disambut oleh pewawancara anda maka hal yang selanjutnya akan terjadi adalah menanyakan tentang kondisi anda atau kabar anda tentunya. Ucapan yang akan anda dengar adalah how are you atau how do you do, hal tersebut juga tergantung keadaan.

Yang menyebabkan pertanyaan tersebut tergantung pada keadaan anda adalah karena makna kedua kalimat ungkapan tersebut apabila di artikan dalam bahasa Indonesia maka artinya tetap sama namun pada ungkapan bahasa inggris kalimat teresebut digunakan dalam situasi yang berbeda dengan respons yang berbeda pula.

Sapaan
Response/Jawaban
How are you?How do you do? I am fine, thank youI am very well, thank you.How do you do?

 

Catatan :

  1. How are you dipakai untuk menyapa seseorang yang sudah pernah anda temui sebelumnya.
  2. How do you do dipakai untuk menyapa seseorang yang belum pernah anda temui sebelumnya.
  3. Dalam keadaan dan situasi resmi seperti saat wawancara formal kerja anda, sapaan How are you? dapat anda jawab dengan I am fine, thank you atau I am very well, thank you. Usahakan anda menghindari jawaban singkat meskipun artinya sama, misalnya jawaban Fine, thanks atau I’m fine, thanks karena respon jawaban seperti ini tidak layak digunakan dalam situasi formal dan jawaban singkat tersebut biasa digunakan dalam situasi infromal seperti saat bertemu teman sebaya anda.
  4. How do you do dijawab juga dengan respons yang sama yaitu how do you do.

Contoh Percakapan

1.  Anda sudah pernah bertemu dengan pewawancara sebelumnya :

Bos  :  Good morning. How area you today? (Selamat pagi. Bagaimana kabar Anda hari ini?)
You  :  I am fine, thank you. (Baik. Terima kasih)

2.  Anda belum pernah bertemu dengan pewawancara anda sebelumnya :

Bos  :  Good morning. How do you do?
You  :  How do you do?

Setelah memahami bagaimana cara untuk mengucapkan salam seperti yang sudah dicontohkan diatas maka hal selanjutnya adalah mengenai perkenalan atau Introduction.  Pada saat perkenalan dengan pewawacara anda bisa saja yang anda temui lebih dari satu orang.  Jika ada lebih dari satu orang biasanya anda akan diperkenalkan oleh pewawancara yang sudah bertemu dengan anda dalam proses rekrutmen sebelumya kepada pewawancara yang lain seperti berikut ini.

Contoh :

Mr. Mboneng, this is Ms. Belbie. Ms Belbie, this is Mr. Mboneng

Dan saat kedua orang diperkenalkan, mereka pada umumnya akan mengatakan :

Pleased atau Glad atau Nice to meet you
Pleased atau Glad atau Nice to meet you, too

Beberapa juga orang-orang yang diperkenalkan itu menggunakan how do you do?. Untuk lebih mengerti berikut ini beberapa contoh percakapan saat pewawancara yang sudah pernah mengenal anda mengenalkan pewawancara lain dan jawaban yang harus anda lakukan.

Mr. Paijo          :  Mr. Mboneng, this is Ms. Belbie
Ms. Belbie        :  Nice to meet you, Mr. Mboneng
Mr. Mboneng  :  Nice to meet you too, Ms. Belbie

Demikianlah beberapa panduan dan contoh memahami kalimat-kalima greetings and introductions yang bisa di jelaskan pada post kali ini. Semoga dapat membantu anda memberikan gambaran dan literatur yang bermanfaat.