prepositional-phrase-adj-adv

Jenis Dan Contoh Kalimat Preposition Phares

Posted on

Selamat hari bahagiaaa kawan semua?

Pastinya saat kalian pertama kalinya membuka mata untuk hari ini, kalaian harus mngawali dengan senyuman dan bahagiaaa. Abaikan yang namanya kegaalauan, dengan belajar bahasa inggris merupakan salah satu kegiatan atau rutinitas yang bermanfaat dan mendapat pahala juga tentunya. Jadi jangan pernah bosen mencarai tahu ilmu yang kalian belum pernah pelajari dan jangan malas mempraktekkan ilmu yang sudah kalian dapatkan.

Kita lanjut mengenai bahasan kita pada kesempatan pada hari ini, kita akan membahas menganai kelompok kata pada kata depan (preposition). Jadi iniiii,, kata depan selain bisa merupa beberapa suku kata ternyata kata depan bisa didampingkan dengan kata sifat (adjective) ataupun kata keterangan/tambahan (adverb).

prepositional-phrase-adj-adv

Dalam bahasan beberap waktu yang lalu, telah membahas mengenai kata sifat (adjective) dan jenis kata-kata yang termasuk didalmnya,dan kata keterangfan/tambahan (adverb) dan jenis kata-kata yang termasuk didalmnya.

Kita sudah pernah membahas masalah macam-macam kata depan yang dimodifikasi, naah Dan untuk kata depan ini dapat dibagi menjadi dua kelompok sebagai berikut:

  1. Adjective Prepositional Phrase

Adjective Prepositional Phrase atau yang dikenal sebagai kata depan dengan kata sifat) merupakan salah satu jenis kata depan yang digunakan untuk menjelaskan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Ungkapan jenis ini biasanya diletakkan sesudah kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Perhatikan Contoh dibawah ini

  • The girl with the striped dress is my Niece, Marhamah
    (Perempuan dengan gaun garis-garis itu adalah ponakan perempuanku, Marhamah)
    Kalimat diatas merupakan Adjective preposition Phrase, kita bisa ambil penjelasannya bahwa “with” merupakan kata depan (preposition), kata “the dan striped” merupakan kata sifat yang menjelaskan benda (dress)
  • The police with the black gun is having breakfast in my restaurant
    (Polisi dengan senjata/pistol hitam itu sedang sarapan di Restauranku)
    Kalimat diatas merupakan Adjective Preposition Phrase, kita bisa ambil kesimpulan penjelasannya bahwa “with” merupakan kata depan (preposition), “the dan black” merupakan kata sifta yang menerangkan kata benda (gun)

 

  1. Adverbial Prepositional Phrase

Adverbial Prepositional Phrase atau yang dikenal sebagai kata depan dengan kata keteranganb/tambahan merupakan salah satu jenis kata depan yang digunakan untuk menjelaskan kata kerja (verb) atau kata keterangan lainnya (other adverbs). Ungkapan kata ini biasanya diletakkan dimana saja menyesuaikan kebutuhan dalam suatu kalimat, bisa diletakkn awal kalimat, ditengah kalimat atu diakhir kalimat. Perhatikan contoh dibawah ini

  • Those children always play in the ground
    (Anak-anak itu selalau bermain di tanah)
    Kaliamt diatas merupakan Adverbial Preposition Phrase, kita bisa ambil kesimpulannya bahwa kalimat “in the ground” menjelaskan kata kerja (verb) “play” dengan “in” sebagai kata depan (preposition). Kata “the” sebagai kata sifat menerangkan kata benda “ground”, sedangkan “ground” sendiri adalah objek dari kata depan.
  • All students usually do the experiment in the laboratory
    (Semua murid-murid biasanya melakukan percobaan di ruang laboratorium)
    Kalimat diatas merupakan Adverbial Preposition Phrase, kita bisa ambil kesimpulannya bahwa kalimat “in the laboratory ” menjelaskan kata kerja (verb) “play” dengan “in” sebagai kata depan (preposition). Kata “the” sebagai kata sifat menerangkan kata benda “laboratory ”, sedangkan “laboratory” sendiri adalah objek dari kata depan.

Demikian penjelasan tentang Jenis Dan Contoh Kalimat Preposition Phares merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :