phrase lagi

Jenis Frase (Phrase) Berdasarkan Fungsi Dan Contoh Kalimat

Posted on

Kita sudah membahas pembagian atau macam macam dari pharse atau frase berdasarkan kegunaannya dalam suatu kalimat. Namun dalam kesempatan kali ini kita akan membahas pembagian atau macam macam dari pharse atau frase berdasarkan kata-kata pendahuluannya. Untuk lebih jelasnya, ikuti penjelasan kami selanjutnya:

phrase lagi

  1. Preposition Phrase

Preposition Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata depan merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata depan atau preposition dan mempunyai fungsi atau kegunaan sebagai kata benda (noun), kata ganti (pronoun), kata sifat (Adjective), kata keterangan (adverb) atau kata kerja (verb) dalam suatu kalimat. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • She speaks English with a French accent
    (Dia perempuan berbicara bahasa inggris dengan logat perancis)
  • These books are good for your education development
    (Buku-buku ini baik untuk perkembangan pendidikanmu)

 

  1. Participle Phrase

Participle Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata kerja partisif merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata kerja partisif yang mempunyai fungsi atau kegunaan sebagai kata sifat (adjective). Participle Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata kerja partisif bisa kita bagi menjadi 2 (dua) macam, untuk lebih jelasnya kita perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

a. Present Participle Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata kerja partisif merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata kerja partisif yang mengandung kata kerja present participle. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Having no money, She tries to apply a job in a company
    (Karena tidak adanya uang, Dia perempuan mencoba untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan)
  • Standing too long, I fell tired
    (Karena berdiri terlalu lama, aku merasa capek)

b. Past Participle Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata kerja partisif merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata kerja partisif yang mengandung kata kerja past participle. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Made perfectly, the cake looks so delicious and beautiful
    (Karena dibuat dengan sempurna, kue itu terlihat nikmat dan indah)
  • painted with fullcolor , the wall makes the people feel relax
    (Karena dicat dengan penuh warna, dindingnys membuat orang-orang merasa santai)
  1. Infinitive Phrase

Infinitive Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata kerja infinitif merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata kerja infinitif dan yang mempunyai fungsi atau kegunaan sebagai kata sifat (adjective), kata benda (noun), kata keterangan atau tambahan (adverb). Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • to water the plants and flowers makes them fresher
    (menyirami tanaman dan bunga-bunga membuat mereka lebih segar)
  • to question a teacher is to learn from him
    (menanyai seseorang guru adalah belajar darinya)

 

  1. Gerund Phrase

Gerund Phrasetau yang dikenal sebagai frase kata kerja-ing merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata kerja ing atau Gerund dan yang mempunyai fungsi atau kegunaan sebagai kata benda (noun). Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • His favorite activity is reading new novel
    (Aktifitas kegemarannya adalah membaca novel baru)
  • They dislike talking about politic
    (Mereka tidak menyukai membicarakan politik)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Jenis Frase (Phrase) Berdasarkan Fungsi Dan Contoh Kalimat semoga bisa menambah wawasan anda serta dapat menjadi sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas anda. Semoga postingan ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.


Baca juga artikel lainnya :