verb

Kata Kerja (Verb) Berdasarkan Bentuknya

Posted on

Kata kerja (verb) merupakan salah satu jenis kata yang digunakan untuk menunjukkan tindakan (action) atau keadaan wujud (state of being) dari subjek.

Kata kerja (verb) yang menunjukkan tindakan (action) dari subjek, misalnya to buy (membeli); to write (menulis); to walk (berjalan); to run (berlari); dan lain-lain. Sedangkan kata kerja (verb) yang menunjukkan suatu keadaan wujud (state of being) dari subjek, misalnya to be (is, are, am, was, were) to have (mempunyai); to become (menjadi); to seem (kelihatan) dan lain sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis kata kerja yang dibagi berdasarkan bentuknya. Perhatikan penjelasanya sebagai berikut.

verb

  1. The Finite of Verb

The Finite of Verb yang dikenal sebagai kata kerja terbatas merupakan salah satu jenis kata kerja yang dimiliki peranan paling penting dangan kata kerja bantu atau tidak dan bertindak sebgaai kata kerja yang penuh (full verb) didalam predikat. Kata kerja ini dibatasi oleh semua kata sifat-sifat yang berhubungan dengan tata bahasa dalam bahasa inggris (grammar), seperti: kata kerja bisa mempunyai kata person (orang), number (bilangan), tense (bentuk-bentuk waktu) dan lain sebagainya.

The Finite of Verb (kata kerja terbatas) bergerak dalam tense (bentuk-bentuk waktu)kecuali future. Sedangkan Finite Verb (Kata kerja Terbatas) itu terdapat dua bagian yaitu:

a. Present Form

Present Form dikenal sebagai kata kerja bentuk sekarang merupakan salah satu jenis kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan pada waktu sekarang. Bentuk kata kerja seering dipakai dengan bentuk Tense Simple Present atau Present Continuous.Contohnya:

  • The boy plays monopoly
    (Bocah laki-laki itu bermain monopoli)
  • She is here now
    (Dia perempuan disini sekarang)

Bentuk present ini mengalami perubahan pada subjeknya. Apabila subjeknya ketiga tunggal (he, she, it), maka kata kerjanya (simple present) mendapatkan imbuhan –es/s. Sedangkan untuk bentuk Present Continuous kata kerjanya adalah to be (am,is, are). Untuk pembahasan aturan pembentukkan kata kerj dengan subjek ketiganya tunggal .

b. Past Form

Past Form dikenal sebagai kata kerja bentuk lampau merupakan salah satu jenis kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan pada waktu lampau. Kata kerja jenis ini disebut Preterite( kata kerja lampau ), selain sering dipakai dalam bentuk tense Simple Past atau Past Continuous, yang berbentuk kata kerjanya berbentuk kata kerja beraturan (regular verb) dan kata kerja tidak beraturan (irregular verb ), dan kata kerja bantuk to be (was/were).Contohnya:

  • Ria took my money
    (Ria mengambil uang saya)
  • They were late
    (Mereka telat)

 

  1. Non- Finite Verb

Non- Finite Verb atau infinitive verb merupakan kata kerja yang tidak lengkap (incomplete verb) yang ,memiliki fungsi sebgaai bagian tata bahasa yang lain dari kata kerja. Kata kerja yang terrgolong dalam bagian ini adalah semua kata yang berhubungan dengan kata-kata kerja. Selain itu, bentuk dari kata kerja ini tidak terbatas dengan person (orang), atau number (bilangan). Sedangkan kata kerja yang termasuk kedalam bentuk Non- Finite Verb adalah sebagai berikut:

a. Infinitive

Infinitive (kata kerja dasar) merupakan salah satu jenis kata kerja yang belum mendapatkan perubahan bentuk baik berupa perubahan waktu (time) atau penambahan. Kata kerja ini dalam beberapa referensi sering disebut dengan bentuk kata kerja pertama yang disebut “V1”.Contohnya:

  • To say is easy but to do is difficult
    (Mengatakan itu mudah tapi melakukan itu sulit)
  • I look at the beautiful girl
    (aku melihat seorang gadis cantik)
  • dan lain-lain

b. Participle

Participle atau kata sifat partisif merupakan salah satu jenis kata kerja yang telah dikata-sifatkan dan berfungsi sebgai kata sifat (adjective) yang member sifat atau keterangan kepada kata benda (noun).Contohnya:

  • There is a swimming pool in that hotel
    (Ada sebuah kolam renang dihotel itu)
  • She saw a written letter last night
    (Dia perempuan melihat sebuah surat tertulis kemarin malam)
  • dan lain-lain

c.Gerund

Gerund yang dikenal sebagai kata kerja yang dibendakan merupakan salah satu jenis kata kerja yang diberi tambahan huruf –ing dan berfungsi sebagai kata benda (noun) atau memebendakan kata kerja. Gerund memiliki bentuk yang sama dengan present participle , tetapi mempunyai fungsi yang berbeda dan bukan memiliki arti sedang.Contohnya:

  • Painting is my hobby
    (Melukis adalah hobiku)
  • He likes drawing
    (Dia laki-laki suka menggambar)
  • dan lain-lain

Demikian penjelasan tentang Kata Kerja (Verb) Berdasarkan Bentuknya merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :