participle

Macam-Macam Participle (Kata Kerja Partisipatif)

Posted on

Haloo, kawan semua… bertemu kembali dengan kami,,,pecinta bahasa inggris.

Seperti yang sebagaimana telah dijelaskan pada bab kata kerja (verb) bahwa Participle atau kata kerja partisipatif merupakan suatu bentuk kata kerja yang telah dikata sifatkan dan berfungsi sebgai kata sifat I (adjective) yang memberi keterangan kepada kata benda(noun).

participle

Participle atau kata kerja partisipatif dapat dibentuk dari The Continuous dan The Perfect Tense dimana tetap memiliki fungsi sebagai kata kerja (verb). Selain itu, secara umum Participle atau kata kerja partisipatif dapat digunakan bersamaan dengan kata kerja bantu (auxiliary veb) yang dapat membentuk progressive (continuous) tense, The Perfect Tense atau The Passive Voice.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini

  • progressive (continuous) tense :

    It is raining when my mother arrived home
    (Hujan sedang turun ketika ibuku datang sampai rumah)

    we are walking in the dark road
    (kami sedang berjalan di jalan yang gelap)

 

  • The Perfect Tense :

    He has written a novel
    (Dia(laki-laki) sudah menulis novel)

    My family have decided to move another home
    (Keluarga saya sudah memutuskan untuk pindah kerumah lainnya)

 

  • The Passive Voice.:

    You will be followed by your father
    (Kamu akan diikuti oleh ayahmu)

    i was given the gift from my son,Miftah
    (aku diberi hadiah dari anak laki-lakiku, Miftah)

 

Berikut ini kita akan membahas mengenai macam-macam Participle atau kata kerja partisipatif yang biasa digunakan dalam percakapan atau tulisan bahasa inggris. Untuk lebih jelas pembahasannya kita golongkan menjadi 2 (dua) macam berdasarkan tata bahasanya:

  1. The pResent Participle

The pResent Participle atau kata kerja partisipatif, merupakan jenis kata kerja yang telah mendapatkan dengan huruf akhiran –ing yang kita fungsikan sebagai kata kerja (verb), kata sifat (adjective), ataupun kata keteranagan/tambahan (Adverb). Biasanya The pResent Participle atau kata kerja partisipatif ini mengandung sautu arti aktif dan menunjukkan keterangan waktu yang sekarang (present time). Misalnya : cooking (memasak), walking (berjalan), making (membuat), painting (mengecat) dan lain-lain.

Biasanya untuk mengartikan The Presnt Participle atau kata kerja partisipatif kedalam bahasa inggris kita bisa menggunakan atau menambahan awalan me- atau ber- yang digabungkan dengan kata kerja.

Misalnya:

Cooking (memasak)

watching (menonton)

Fighting (berkelahi)

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini

  • Cleaning her house, she is healthy
    (Membersihkan rumahnua, dia(perempuan) sehat)
  • Browsing the internet, he knows about everything
    (Mnjelajahi internet, dia(laki-laki) mengetahui banyak hal)

  1. The Past Participle

The Past Participle atau kata kerja partisipatif, merupakan jenis kata kerja yang mendapatkan penambahan akhiran huruf –ed untuk jenis kata keja beraturan (regular verb) dan untuk jenis kata yang tidak beraturan atau yang sering kita sebut sebagai irregular verb. Nah, kitasering menyebutnya sebagai kata kerja past participle atau Verb 3. The Past Participle atau kata kerja partisipatif mengandung sebuah arti aktif dan menunjukkan waktu lampau (past time). Misalnya: spoken (berbicara), listened (mendengarkan), written (menulis), waited (menunggu), walked (berjalan) dan lain-lain.

Biasanya untuk mengartikan The Past Participle atau kata kerja partisipatif kedalam bahasa inggris kita bisa menggunakan atau menambahan awalan di-, ke- atau ter- yang digabungkan dengan kata kerja.

Misalnya

taken (diambil)

fallen (terjatuh)

broken (tersobek)

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini

  • The girl smiled was my friend
    (Gadis ynag tersenyum itu adalah kawanku)
  • Rejected by all his friends, he decided to move to another town
    (Ditolak oleh semua kawan-kawannya, dia(laki-laki) memutuskan untuk pindah ke kota yang lain)

Demikian penjelasan mengenai Macam-Macam Participle (Kata Kerja Partisipatif) merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :