tense

Mengenal Macam-Macam Bentuk Kata (The Kind of Tense)

Posted on

Dalam bahasa inggris, Tense atau yang sering disebut sebagai bentuk –bentuk waktu merupakan salam satu hal yang sangat penting sekali, karena semua kejadian, peristiwa atau tindakan yang diungkapkan dalam sebuah kalimat harus sesuai dengan waktu terjadinya. Sebagian orang yang belajar bahasa inggris merasa mengalami kesusahan dalam memahami dan mendapatkan pengertian yang benar tentang Tense.

Tense pada dasarnya merupakan bentuk –bentuk waktu dalam bahasa inggris yang digunakan unutk menyatakan kapan suatu peristiwa atau kejadian itu terjadi. Terjadinya peristiwa atau kegiatan tersebut dapat diketahui melalaui perubahan kata kerja (verb) dalam sebuah kalimat.

tense

Jadi, Tense dapat diartikan sebagai suatu gambaran atau penjelasan kapan suatu peristiwa, kegiatan ataupun tindakan terjadi didalam suatu kalimat sesuai dengan keadaan antara lain: sekarang, masa lampau dan masa yang akan datang. Atau perubahan bentuk waktu dari kata kerja. Dengan bahasa yang sederhana, Tense berarti bentuk kata yang menunjukkan waktu baik itu dari suatu tindakan, kegiatan ataupun tingkat keparipurnaan.

The Kind of Tense

Berdasarkan waktu kejadian, Tense dalam bahasa inggris dapat dibedakan menjadi 4 (empat) macam yang dikenal sebagai “four fundamental tense” , mari kita kenalkan satu demi satu:

  1. The Present Tense digunakan untuk kejadian yang sedang terjadi
  2. The Past Tense digunakan untuk kejadian yang sudah terjadi
  3. The Future Tense digunakan untuk kejadian yang akan terjadi
  4. The Past Future Tense digunakan untuk kejadian yang sedang terjadi

Berdasarkan sifat kejadian, Tense dalam bahasa inggris dapat dibedakan menjadi 4 (empat) macam yang dikenal sebagai “four fundamental tense” , mari kita kenalkan satu demi satu:

  1. The Simple Tense digunakan untuk kejadian yang sedang terjadi
  2. The Continuous Tense digunakan untuk kejadian yang sudah terjadi
  3. The Perfect Tense digunakan untuk kejadian yang akan terjadi
  4. The Perfect Continuous Tense digunakan untuk kejadian yang sedang terjadi

Jika kedua macam tense di atas di gabungkan, maka kita dapat menyimpulkan bahwa macam-macam tense adalah sebagai berikut:

A. The Present Tense

Pada pola kalimat ini, kalimatnya merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi pada saat sekarang. Dalam jenis ini, ada beberapa jenis tenses lagi ynag termasuk didalamnya yaitu:

  1. The Simple Tense
  2. The Present Continuous Tense
  3. The Present Perfect Continuous Tense
  4. The Present Perfect Tense

 

B. The Past Tense

Pada pola kalimat ini, kalimatnya merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi pada saat lampau, satu detik lalu sudah termasuk didalam peritiwa lampau.Dalam jenis ini, ada beberapa jenis tenses lagi ynag termasuk didalamnya yaitu:

  1. The Simple Past Tense
  2. The Past Continuous Tense
  3. The Past Perfect Tense
  4. The Past Perfect Continuous Tense

 

C. The Future Tense

Pada pola kalimat ini, kalimatnya merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Satu detik kedepan sudah disebut sebagai kejadian atau peristiwa akan datang. Kegiatan ini belum terjadi di saat ini ataupun masa lampau. Dalam jenis ini, ada beberapa jenis tenses lagi ynag termasuk didalamnya yaitu:

  1. The Simple Future Tense
  2. The Future Continuous Tense
  3. The Future Perfect Tense
  4. The Future Perfect ContinuousTense

 

D. The Past Future Tense

Pada pola kalimat ini, kalimatnya merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang akan terjadi pada masa lampau. Dalam jenis ini, ada beberapa jenis tenses lagi ynag termasuk didalamnya yaitu:

  1. The Past Future Tense
  2. The Past Future Continuous Tense
  3. The Past Future Perfect Tense
  4. The Past Future Perfect Continuous Tense

Demikian penjelasan tentang Mengenal Macam-Macam Bentuk Kata (The Kind of Tense) merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :