8 TIPS MENULIS SURAT LAMARAN YANG MENGESANKAN

Panduan Lengkap Cara Jitu Menulis Surat Lamaran Yang Mengesankan

Posted on

Surat lamaran sangat menentukan apakah Anda dipanggil atau tidak untuk mengikuti wawancara kerja. Jika surat lamaran Anda bagus dan mengesankan, dapat dipastikan bahwa Anda akan diundang untuk mengikuti wawancara kerja. Sebaliknya, kalau surat lamaran Anda kurang bagus, sampai kapan pun Anda tidak akan dipanggil ke tahap wawancara. Karena itu, tulislah surat lamaran yang benar, baik, dan mengesankan. Surat lamaran Anda adalah gambaran singkat tentang diri dan kemampuan Anda yang secara rinci akan tertuang dalam curriculum vitae (CV) Anda. Berikut adalah kiat-kiat jitu menulis surat lamaran pekerjaan yang benar, baik, danmengesankan.

8 TIPS MENULIS SURAT LAMARAN YANG MENGESANKAN

8 TIPS MENULIS SURAT LAMARAN YANG MENGESANKAN

  1. Tulislah surat lamaran dengan format dan tampilan yang menarik.
  2. Surat lamaran harus singkat, padat, dan jelas.
  3. Surat lamaran harus seefektif mungkin menjelaskan secara singkat dan jelas tentang minat, kemampuan atau pengalaman Anda yang relevan dan pengetahuan Anda tentang posisi yang Anda lamar.
  4. Tujukan surat lamaran Anda pada orang yang memang khusus menangani proses perekrutan.
  5. Jangan menulis surat lamaran dengan redaksional yang sama untuk lebih dari satu perusahaan atau lowongan yang berbeda. Artinya, tulislah satu surat lamaran untuk satu lowongan pekerjaan.
  6. Bagian awal surat lamaran Anda sebisa mungkin harus langsung menarik minat perekrut untuk membaca surat lamaran Anda.
  7. Tunjukkan secara singkat dalam lamaran Anda bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi yang sedang ditawarkan perusahaan.
  8. Tulislah surat yang bagus baik dari segi format, pengorganisasian gagasan, gaya, tata bahasa, maupun tanda baca.

JENIS-JENIS SURAT LAMARAN

Ada tiga jenis surat lamaran, yaitu:

  1. Surat lamaran berdasarkan iklan
    Surat lamaran ini dibuat karena Anda mendapatkan informasi lamaran pekerjaan di surat kabar atau di media masa lainnya.
  1. Surat lamaran karena informasi seseorang
    Ini adalah surat lamaran yang Anda buat karena Anda mendapatkan informasi dari kenalan atau teman Anda tentang lowongan pekerjaan di perusahaan tempat dia bekerja.
  1. Surat lamaran karena inisiatif sendiri
    Surat lamaran ini tidak berdasarkan iklan atau informasi lisan dari seseorang melainkan Anda buat karena inisiatif Anda sendiri dengan pertimbangan siapa tahu ada lowongan yang cocok dengan kualifikasi Anda.

FORMAT SURAT LAMARAN

Format surat lamaran yang sering digunakan adalah block format, seperti berikut:

  1. YOUR NAME AND YOUR ADDRESS
    Nama anda dan alamat lengkap anda termasuk nomor telepon/HP
  1. DATE
    Tanggal Surat
  1. INSIDE ADDRESS
    Nama orang yang dituju dan alamatnya yang lengkap
  1. SALUTATION
    Salam Pembuka
  1. BODY
    Isi Surat Lamaran
  1. CLOSING
    Salam Penutup
  1. SIGNATURE
    Tanda Tangan
  1. YOUR NAME
    Nama Lengkap Anda

ISI TIAP BAGIAN SURAT

  1. YOUR NAME AND ADDRESS
    Bagian ini memuat nama lengkap dan alamat lengkap Anda, termasuk nomor telepon atau HP Anda atau alamat e-mail Anda. Anda tidak perlu menerjemahkan alamat Anda ke dalam bahasa Inggris, tetapi tulislah seperti apa adanya, misalnya seperti dua contoh berikut:

Stephen Henry Putra
Jalan Sabirin 6, Kota Baru
Yogyakarta 55224
Telepon (0274) 7413125
Email: [email protected]

Nurul Oktaviani
Perumahan Purwo Asri
Blok E-334, Purwomartani,
Kalasan, Sleman 55217
Telepon (0274) 4395702
Email: [email protected]

  1. DATE
    berisi tanggal surat Anda, misalnya:

February 2, 2007
December 15, 2007

  1. INSIDE ADDRESS
    Bagian ini berisi nama orang yang menjadi tujuan surat lamaran Anda termasuk alamatnya yang lengkap, misalnya:

Mr. Nazarudin Amrullah
PT Gemah Ripah
Jalan Arus Jati No. 9
Jatinegara Kaum
Jakarta Timur, 13250

  1. SALUTATION
    Salutation atau salam pembuka harus disesuaikan dengan alamat tujuan pada inside address di atas. Jika Anda menuliskan nama orang yang dituju pada bagian alamat yang dituju, maka bentuk salam pembukanya harus menyebutkan nama orang tersebut. Dalam surat lamaran resmi, tanda baca yang digunakan dalam salam pembuka adalah tanda titik dua (:) bukan tanda koma (,), misalnya:

    Dear Mr. Amrullah:
    Dear Mrs. Hartiningsih:
    Dear Ms. Sulistiowaty:

    Sebaliknya, jika surat Anda ditujukan pada bagian tertentu, misalnya bagian rekrutmen atau bagian personalia tanpa mencantumkan nama orang yang dituju, maka bentuk salam pembuka yang Anda gunakan adalah Dear Sir/Madam ataulangsung dengan Dear Personnel Manager, misalnya seperti ini:

    The Personnel Manager
    PT Gemah Ripah
    Jalan Arus Jati No. 9
    Jatinegara Kaum
    Jakarta Timur, 13250

    Dear Sir/Madam:

  1. BODY/ISI SURAT LAMARAM
    Bagian ini merupakan bagian isi dari lamaran Anda, yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu, pembukaan, bagian isi, dan penutup.

  1. CLOSING
    Ini merupakan salam penutup surat Anda. Bentuknya adalah bisa seperti ini:

Sincerely,                            Very truly yours,              Sincerely yours,

Yours sincerely,                Yours faithfully,

  1. SIGNATURE
    berisi tanda tangan Anda

  1. YOUR NAME,
    berisi nama lengkap Anda yang terletak di bawah tanda tangan Anda.

ISI SURAT LAMARAN (BODY)

Surat lamaran yang baku umumnya terdiri atas 3 bagian yaitu pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka surat lamaran am at penting. Bagian pembuka memuatalasan mengapa Anda menulis surat lamaran tersebut dan dari mana Anda mendapatkan informasiaan itu. Jika Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan itu dari iklan di koran atau majalah, maka kalimat-kalimat pembuka yang umum digunakan adalah seperti ini:

  1. I am writing in reply to the classified ad seeking to fill the position of Graduate Student Advisor for the Mas¬ter of Arts in Liberal Studies degree program.
  2. I am responding to your advertisement in KOMPAS on July 5, 2007 for the position of HRD Manager/Staff/….
  3. In reply/response to your advertisement in The Jakarta Post on June 10, 2007,1 would like to apply for the post of HRD Manager/Staff/….
  4. Having read your advertisement in The Jakarta Post on June 10, 2007, I would like to offer my service for the post of… .
  5. With reference to your advertisement in KOMPAS on March 25, 2007, I would be glad to be considered for the post of… you offered. I have read your advertisement in TEMPO Magazine about the position of …and I would like to apply for the post.
  6. I am very interested in the post of… you advertised in KOMPAS on March 25, 2007

Jika Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari seseorang, redaksi kalimat pembukanya bisa seperti ini, misalnya:

  1. Widjoyo, a consultant to your company and my Organizational Management professor, has informed me that your company is looking for someone with excellent communications skills, organizational experience, and leadership background to train for a management position.
  2. Having heard from Mrs./Mr…who works for your com¬pany, that you need a/an …I take the opportunity to apply for the post.
  3. I recently heard from one of your employees, Mr/Ms… that there is a vacancy for a/an … in your companyherewith I would like to apply for the post.

Bagian Isi dari surat lamaran berisi tentang diri Anda, seperti latar belakang pendidikan dan kemampuan atau pengetahuan Anda yang bisa menunjang pekerjaan Anda. Pada bagian ini berusahalah untuk meyakinkan pihak perusahaan untuk mengundang Anda mengikuti

wawancara atau tahap perekrutan berikutnya. Hubungkan kemampuan, keterampilan atau pengetahuan Anda dengan kebutuhan perusahaan sebagaimana dinyatakan dalam iklan lowongan kerja itu. Perlihatkan kualifikasi-kualifikasi Anda yang memang sangat cocok dengan posisi yang sedang Anda lamar. Anda perlu mengarahkan pembaca surat lamaran Anda dengan merujuk pada curriculum vitae (CV)Anda. Jelaskan kualifikasi Anda sedemikian rupa sehingga pihak perusahaan merasa yakin bahwa Anda layak diundang untuk mengikuti wawacara. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang sedang mereka cari. Kemukakan prestasi- prestasi dan kemampuan. Perlihatkan latar belakang pendidikan dan keterampilan-keterampilan Anda yang berkaitan dengan poisisi yang Anda lamar. Panjang bagian isi paling banyak 3 paragraf. Contoh redaksi kalimat pada bagian isi ini dapat dilihat pada contoh- contoh surat lamaran pada bagian selanjutnya.

Bagian penutup dari surat lamaran pekerjaan Anda sama pentingnya dengan bagian pembuka. Akhiri surat Anda dengan sekali lagi memperlihatkan minat dan kesungguhan Anda untuk mengisi posisi yang sedang Anda lamar dan beritahukan kepada team rekrutmen cara mengontak Anda untuk proses selanjutnya. Pada bagian penutup Anda perlu menyampaikan harapan Anda dan kebersediaan Anda untuk mengikuti wawancara atau proses rekrutmen selanjutnya. Jangan lupa menyampaikan ucapan terima kasih pada bagian ini. Kalimat-kalimat pada bagian penutup yang umum digunakan adalah seperti ini:

  1. I would welcome the opportunity to discuss these and other qualifications with you. If you are interested, please contact me at (0274) 7412125. I look forward to meet¬ing with you to discuss the ways my skills may best serve your company Thank you very much for your consideration.
  2. It would be a pleasure to have an interview with you and I look forward to hearing from you soon. I thank you for considering my application.
  3. I would be very grateful if you could give me an oppor¬tunity to have an interview.
  4. I would welcome an interview and hope to hear from you at your earliest convenience.
  5. I look forward to hearing from you. Thank you for your consideration.