Pengertian 8 Jenis Kata Sifat Beserta Contoh Kalimat

Pengertian 8 Jenis Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat

Posted on

Sebelumnya kalian telah mempelajari mengenai kata sifat atau adjective. Naah kawan…kali ini kita akan mengupas mengenai pengelompokan kata sifat dalam bahasa inggris. Kata sifat (Adjective) dapat dikelompokan menjadi 8 bagian, perhatikaan dengan seksama yaa guys.

Pengertian 8 Jenis Kata Sifat Beserta Contoh Kalimat

8 Kelompok Kata Sifat (Adjective)

1. Proper Adjective

Proper Adjective yang dikenal sebagai kata sifat nama diri merupakan untuk menunjukkan suatu kata sifat untuk meneranhkan kata benda nama diri (proper noun). Kata sifat ini harus diawali dengan huruf besar (Capital Letter) karena kata yang dipakai adalah kata proper noun (kata benda nama diri) yang menunjukkan nama bahasa, nama Negara. Contohnya :

  • an Indonesian student
    (seorang murid asli atau berasa dari Indonesia)
  • the English language
    (bahasa inggris)
  • the Indian empire
    (kerajaan india)

2. Adjective of Quality

Adjective of quantity yang dikenal sebagai kata sifat keadaan merupakan salah satu kata sifat yang digunakan untuk menerangkan bentuk, potongan atau keadaan kata benda (noun) baik berupa orang atau pun binatang dan yang lainnya. Yang termasuk sebgai kata sifat ini seperti: big (besar), rich (kaya), clever (pintar), expensive (mahal), small (kecil), poor (miskin), stupid (bodoh), cheap (murah) dan lian-lain.

Contohnya :

  • Fairuz is handsome student at eight grade
    (Fairuz (keadaanya) ganteng di kelas 8)
  • that car is expensive
    (Mobil itu (keadannya) mahal)

3. Adjective of Quantity

Adjective of Quantity yang dikenal sebagai kata sifat jumlah merupakan salah stu jenis kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan jumlah suatu barang atau benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun). Yang termasuk didalam kata sifat tersebut seperti : much (banyak), some (beberapa/sedikit), any (beberapa/sedikit), no (tidak), half (setengah), sufficient (cukup), a lot of (banyak), enough (cukup), all (semua), little (Sedikit) whole(keseluruhan) dan lain-lain.

Contohnya :

  • I have only a little peace around here
    (Saya hanya mendapatkan sedikit ketenangan disekitar sini)
  • that food supply sufficient for a month
    (persediaan makanan itu hanya cukup untuk sebulan)

 4. Numeral Adjective

Numeral Adjective atau kata sifat bilangan merupakan selagh satu jenis kata sifat yang digunkan untuk menyatakan atau menjelaskan suati bilangan atau banyaknya ssuatu benda tertentu atau benda tidak tentu. Dalam jenis kata sifat ini khususnya dalam bahasa inggris, kita membedakan menjadi 2 (dua) bagian, untuk lebih jelasnya kita perhatikan penjelasannya sebgai berikut.

A. Definite Numeral Adjective
Definite Numeral Adjective yang dikenal sebagai kata sifat tentu merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan atau menerangkan suatu jumlah benda tertentu. Dalam bagian ini pula kita masih membaginya menjadi 3 (tiga) bagian, perhatikan.

1. Cardinal Number

Cardinal Number yang terkenal dengan sebutan sebagai bilangan biasa yang terdiri dari one, two, three, four dan lain sebagainya 

2. Multiplicative Number

Multiplicative Number yang terkenal dengan sebutan Bilangan jumlah perlipat ganda, yang termasuk dalanm kata sifat ini seperti: single, double, twofold, threefold, a pair of, a dozen of treble, quadruple dan lain sebagainya

3. Ordinal Number

Ordinal Number yang terkenal sebagai bilangan bertingkat, yang termasuk contohnya seperti : the first, the second, the third, the fourth, dan lain sebagainya

B. Definite Numeral Adjective

Definite Numeral Adjective yang disebut sebgai kata sifat bilangan tidak tentu merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan jumlah suatu benda yang tidak begitu tepat namun dapat dihitung atau ditaksir. Yang termasuk dalam kata sifat jenis ini seperti: all, some, any, few, lots of, on, several, enough, many, a few, a lot of dan lain sebagainya.

5. Demonstrative Adjective

Demonstrative Adjective yang dikenal sebgai kata sifat penunjuk merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan suatyu posisi atau letak suatu benda atau menjelaskan yang manakah oran, barang atau binatang yang dimaksud. Yang termasuk didalam kata sifat jenis seperti:

  • Definite Demonstrative Adjective
    Definite Demonstrative Adjective yang disebut sebgai kata sifat yang tentu adalah salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan kata benda dengan jelas yang dimaksud. Yang termasuk didalam kata sifat jenis ini seperti: the, this, that, these, those, such, the other, the same 
  • Indefinite Demonstrative Adjective
    Indefinite Demonstrative Adjective yang dikenal sebagai kata sifat penunjuk tidak tentu merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan suatu benda yamng belum jelas atau bendanya belum tentu. Yang termasuk didalam kata sifat ini seperti: a, an, one, any, certain, a certain, some, another , any other .

6. Interrogative Adjective

Interrogative Adjective yang dikenal sebagai kata sifat penanya merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan sebgai kata Tanya. Kata ini harus diikuti dengan Kta benda(noun) yang ditanyakan. Yang termasuk didalam kata sifat jenis ini seperti: what, where, which, when, why, how, whose dan lain sebagainya

7. Possessive Adjective

Possessive Adjective yang dikenal sebgai kata sifat kepunyaan merupakan sutu kata sifat yang digunakan untuk menyatakan suatu kepunyaan atau kepemilikan terhadap suatu benda, baik benda ynag bernyawa atau benda mati. Yang termasuk didalam kata sifat jenis ini adalah: my, your, our, her, his, their & its.

8.  Distributive Adjective

Distributive Adjective yang kenal sebagai kata sifat distributive merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk benunjukkan bahwa kata benda yang dimaksud itu bermacam-macam atau sendiri –sendiri. Yang termasuk didalm kata sifat ini seperti: every, each, either,neither.

Penjelasan diatas tentang Pengertian 8 Jenis Kata Sifat Beserta Contoh Kalimat merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel beritkunya.


Baca juga artikel lainnya :