introgative sentances

Pengertian, Bentuk Dan Contoh Kalimat Interrogative Sentence

Posted on

Helo kawan, pastilah semua kawan sudah pernah membuat suatu kalimat (entah itu dalam bahas indonesi atupun dibahasa lainnya). Pelajaran membuat suatu kalimat sewaktu di tingkat Sekolah Dasar, kita mendalaminya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kita memulai dari kalimat yang paling sederhana sampai dengan kalimat yang menggunkan banyak unsure. Kalimat yang sederhana kita mengenalnya dengan pola “Subjek + predikat + objek

Interrogative Sentence

Interrogative Sentence (kalimat pertanyaan), yaitu merupakan salah satu jenis kalimat yang digunakan untuk mengajukan suatu pertanyaan. Dan untuk menandainya biasanya diawal kalimat terdapat kata kerja bantu berupa “do, does, did, have, had, had ”, “to be” , atau “modal” dan Wh question word.Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

introgative sentances

  • Why are you late?
    (mengapa kamu telat?)
  • Are you late?
    (apakah kamu telat?)

Di dalam Interrogative Sentence (kalimat pertanyaan), terdapat beberapa bentuk kalimat yang mempunyai arti dan penggunaan yang berbeda, perhatikan penjelasannya sebagai berikut:

  1. Positive Question

Positive Question atau yang dikenal sebagai kalimat Tanya positive, merupakan salah satu jenis kalimat Tanya yang digunakan untuk menanyakan suatu pertanyaan yang berbentuk positif, dalam kalimat ini, jawabnan dari Positive Question(kalimat Tanya positif) bisa berupa jawaban bernada positif ataupun jawaban bernada negative. Mengapa disebut sebagai kalimat Tanya positif? Karena, dalam penggunaan dan struktur kalimatnya, tidak terdapat kata yang menunjukkan suatu yang berarti “tidak atau bukan” dalam bahasa inggris kita mengenal sebagai “not”. Dalam Positive Question(kalimat Tanya positif), kita bisa menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb) atau WH question word yang berada diawal kalimat. Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • Are you clear?
    (apakah kamu mengerti?)
  • Do you forget me?
    (Apakah kamu melupakanku?

 

  1. Negative Question

Negative Question atau yang dikenal sebagai kalimat Tanya negative, merupakan salah satu jenis kalimat Tanya yang digunakan untuk menanyakan suatu pertanyaan yang berbentuk negatif, dalam kalimat ini, jawabnan dari Negative Question(kalimat Tanyanegatif) hanya bisa berupa pertanyaan negatif . Mengapa disebut sebagai kalimat Tanya Negatif? Karena, dalam penggunaan dan struktur kalimatnya, tterdapat kata yang menunjukkan suatu yang berarti “tidak atau bukan” dalam bahasa inggris kita mengenal sebagai “not”. Dalam Nrgative Question(kalimat Tanya negatif), kita bisa menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb) lalau menambahakan kata “not” yang berada diawal kalimat. Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • Aren’t you going to the library ?
    (apakah kamu tidak pergi ke perpustakaan?)
  • Don’t you bring me your book?
    (Apakah kamu tidak membawakanku bukumu?)

 

  1. Informative Question

Informative Question atau yang dikenal sebagai kalimat Tanya informasi , merupakan salah satu jenis kalimat Tanya yang digunakan untuk menanyakan suatu pertanyaan yang berbentuk meminta sebuah informasi dan jawabnnya biasanya memerlukan keterangan lebih dari pada “yes atau no”. Dalam informative Question, semua dibuat dengan menggunakan kata Tanya (Question word) disingkat menjadi “QW” seperti: what(apa), who (siapa), bagaimana(how), when (kapan), where(dimana), which(yang mana) dan lain sebagainya. Kalimat bentuk ini dapat digunakan dalam semua jenis bentuk kata (tense). Dan setelah kata Tanya (Question word), kita menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb). Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • Why do you choose Lampung as your resort destination?
    (Mengapa kamu memilih Lampung sebagai tempat tujuan wisata?)
  • Where will you go after class?
    (Akan pergi kemanakah kamu setelah sekolah?)

Demikanlah pejelasan yang bisa di sampaikan, semoga dapat menambah wawasan yang bermanfaat baik untuk mengasah kemampuan bahasa inggris anda menjadi lebih baik. Semoga literatur pada artikel yang berjudul Pengertian, Bentuk Dan Contoh Kalimat Interrogative Sentence kali ini bermanfaat, sampai jumpa pada posting berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :