adjective phrase

Pengertian Dan Contoh Kalimat Adjective Phrase

Posted on

Adjective Phrase

Adjective Phrase atau dikenal sebagai frase kata sifat, bisa kita artikan sebagai salah satu jenis Phrase atau frase yang terbentuk atatu terdiri dari kata sifat(adjective).
Untuk lebih jelasnya Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  •  The book with black cover is Julian’s book
    (Buku yang bersampul hitam itu adalah kepunyaan Julian)
  • I like a dress with smooth and fullcoloured
    (Aku suka dengan sebuah gaun lembut dan penuh warna)

adjective phrase

Pembentukan adjective Phrase atau dikenal sebagai frase kata sifat, bukanlah hal atau perkara yang susah, bahkan bisa dikatakan mudah apabila kita mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku. Sebelumnya kita akan mengingatkan kembali mengenai pengertian adjective dan phrase. Adjective atau yang disebut juga sebagai kata sifat merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan keadaan suatu benda (noun) atau kata ganti (pronoun) Kata sifat ini identik bisa kita jelaskan karena berhubungan dengan panca indra kita yang meliputi ukuran, bentuk, takaran, berat, bau, rasa, warna dan sebagainya.

Sedangkan Phrase atau frase, Phrase atau yang sering kita adopsi kedalam bahasa Indonesia sebagai Frase, merupakan sekelompok atau sekumpulan kata-kata yang terdiri dari dua kata atau kemungkinan lebih dari dua kata namum dalam bentuk atau sususnannya tidak mempunyai sebuah subjek (baik berupa subjek orang atau benda) dan tidak mempunya predikat atau suatu kegiatan dari si pelaku, akan tetapi Phrase atau frase mempunyai fungsi utama yaitu untuk membangun atau membentuk suatu pernyataan yang dianggap lengkap dan dengan menambah arti suatu informasi terhadap sebuah kalimat.
Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Many newspapers on the table are mine
    (Banyak Koran-koran diatas meja adalah kepunyaan saya)
  •  Three children in the school yard are twelfth grade of Science
    (Tiga anak-anak yang berada di lapangan sekolah adalah kelas 12 IPA)

Bagaimana dua hal tersebut bisa digabungkan? Pembentukan atau penyusunannya menyesuaikan dengan sifat yang dibuthkan oleh kata benda (noun) yang dibutuhkan untuk mendukung arti dan menyesuaikan dengan kata keterangan (adverb) yang menyertainya.
Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • the woman is my wife
    (Wanita itu istriku)
  • she is with long hair
    (Dia perempuan berambut panjang)
    Kita dapat gabungkan menjadi
    the woman with long hair is my wife
    (Wanita yang berambut panjang itu adalah istriku)
    Penggabungan tersebut mempunyai subjek benda yang sama yaitu woman (perempuan), Jadi kita bisa menggabungkan namun kita menghilangkan salah satu dari “woman” dalam kalimat tersebut dengan menggunakan noun phrase.
  • An umbrella is expensive
    (Sebuah payung itu mahal)
    it is in red and yellow
    ( itu berwarna merah dan kuning )
    Kita dapat gabungkan menjadi
    An umbrella in red and yellow is expensive
    (Sebuah payung yang berwarna merah dan kuning itu mahal)

Demikian penjelasan yang bisa kami sajikan mengenai Pengertian Dan Contoh Kalimat Adjective Phrase , semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :