2

Pengertian Dan Contoh Kalimat Adjective-Pronoun Agreement

Posted on

Hello kawan…..
apa kabarnya
senang berjumpa dan menyapa kalian dalam media pembelajaran pada kesempatan hari ini

Pada pertemuan kali ini , kita akan membahas mengenai materi yang berhubungan dengan agreement atau concord, dimana yang akan kita bahas merupakan salah satu jenis dari concord atau agreement. Namun sebelumnya akan kita beri pengingat mengenai concord atau agreement bahwa Agreement atau juga bisa dikenal sebgai concord hanya dipelajari dalam bahasa inggris, jadi kita sebagai warga negera Indonesia tidak akan mengalami atau mempelajarinya di bangku formal (sekolah). Namuunn, bukan berarti kita tidak boleh mempelajarinya loh kawan, justru kita perlu mempelejarinya sebagai ilmu yang nantinya pastinya mempunyai kegunaan . Kita bisa mendefinisikan bahwa Agreement atau juga bisa dikenal sebgai concord merupakan suatu proses penyesuaian antara subjek (pelaku) dengan sebuah kata kerja (verb/tobe) dalam suatu kalimat. Dalam menyesuaikannya kita diberi suatu ketentuan agar dalam pembentukan suatu kalimat yang berdasar dengan Agreement atau juga bisa dikenal sebgai concord mempunyai keutuhan arti.

2

Nah sekarang kita akan membahas mengenai Adjective-Pronoun agreement –kata pengganti) , sudah kita pelejari mengenai kata sifat (adjective) bahwa kata sifat (adjective) berfungsi sebagai atau untuk menerangkan atau membatasi kata benda (naoun) atau kata ganti (pronoun) dan bisa diartikan bahwa kata sifat (adjective) meerupakan salah satu jenis kata dalam bahasa inggris yang berfungsi sebagai kata yang menerangkan suatu sifat suatu benda(noun). Sedangkan kata penganti (pronoun) bahwa kata ganti (pronoun) adalah untuk menunjukkan /menggantikan kata benda(noun) dangan tujuan untuk menghindari pengulangan kata benda yang bisa mengakibatkan kebosanan, kerancuan dan bertele-tele.

Adjective-Pronoun Agreement merupakan menyesuaian antara kata sifat dan kata pengganti dalam suatu kalimat, dengan tujuan kalimat tersebut mudah dimengerti. Yang berhubungan erat dengan bahasaan kita pada hari ini adalah demonstrative adjective yang sering kita gunakan, antara lain this(ini benda tunggal), these (ini benda jamak), that (itu benda tunggal), those (itu benda jamak)

Perhatikan contoh kalimat yang disertai dengan kesalahan yang biasa ditemui dalam pembuatan kalimat bahasa inggris, sebagai berikut:

  1. Salah : Those farmer of orange
    (Para petani jeruk itu)
    Benar    : Those farmers of orange
    (Para petani jeruk itu)
    Benar    : That farmer of orange
    (Petani jeruk)
    Penjelasannya
    untuk kalimat yang salaha karena dalam kalimat tersebut penggunan those yang berarti itu(naum digunakan untuk benda jamak/plural) maka kata farmer harus dirubah menjadi kata benda jamak (plural noun) menjadi farmers
  1. Salah : These kinds of apples
    (macam-macam apel ini)
    Benar    : This kinds of apples
    (macam-macam apel ini)
    Benar    : These kind of apples
    (macam-macam apel ini)
    Penjelasannya
    Untuk kalimat yang salah karena penggunaan kata kinds, Demonstrative “these” digunakan untuk penunjuk ini benda jamak, namun untuk menunjukkan macam-macam apel, tidak perlu menambahkan “es/s” pada kata kind, namun pada kata apples.
  1. Salah : Melani never buys these brand of Canned goods
    (Melani tidak pernah membeli macam barang kalengan seperti ini)
    Benar    : Melani never buys this brand of Canned goods
    (Melani tidak pernah membeli macam barang kalengan seperti ini)
    Penjelasan pada kalimat salah terdapat penggunaan demonstrative berupa kata these yang biasa digunakan untuk menunjukkan ini untuk benda jamak, namun karena yang dimaksud dalam kalimat tersebut maka demonstrative berupa those menjadi this yang digunakan untuk menunjukkan ini untuk benda tunggal.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Contoh Kalimat Adjective-Pronoun Agreement  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: