unnamed

Pengertian Dan Contoh Kalimat Agreement atau Concord In Number

Posted on

Hello semua kawanku diseluruh nusantara..

perkenalkan kami dari pemuda dan pemudi Lampung,,,ingin menyapa kalian dengan sapaan khas Lampung..

Tabiiiiiik Puuuun…

apapun suku kita, tetap bhineka tunggal ika yaa, berbeda-beda tetap satu jua. Pada kesempatan hari ini, kita akan membahas mengenai salah satu jenis agreement atau concord. Telah kita pelajari mengenai concord dan agreement, nah sekarang kita akan membahas mengenai agreement atau concord in number.

unnamed

Agreement in Number merupakan salah satu kesesuain antara suatu angka dengan kata kerja (verb) dalam suatu kalimatnya. Angka tersebut tidak selalu angka 1 (one), 3 (three), 10 (ten), 2nd (the second) dan contoh angka lainnya. Angka bisa berupa suatu jumlah suatu kata benda (noun) yang bisa jadi dari jenis kata benda yang bisa dihitung (countable noun) atau kata benda yang tidak bisa dihitung (uncountable noun). Untuk menciri-cirikan suatu benda yang tidak bisa dihitung (uncountable noun), kita bisa melihat dari jenis katanya, seperti

1. Collective Noun

Collective Noun adalah suatu jenis kata benda yang diguanak nuntuk menunjukkan suatu kumpulan/ sekelompok benda tertentu yang merupaka nsuatu kesatuan atau memiliki arti majemuk.

Contohnya

  • team (tim)
  • people (orang)

2. Material Noun

Material Noun adalah suatu jenis kata benda yang menunjukkan bahaan dasr suatu benda atau benda yang berasal dari hasil pertambangan dan bahan-bahan baku lainnya.

Contohnya

  • sugar (gula)
  • golden (mas)

3. Abstract Noun

Abstract Noun adalah salah stu jenis kata benda yang digunakan untuk menunjukkan suatu benda yang tidak berwujud namun kita mengerti benda yang dituju.

Contohnya

  • development (Perkembangan)
  • happiness (kebahagiaan)

Sedangkan untuk mengetahui jenis dari kata benda yang bisa dihitung kalian bisa melihatnya dari jenis seperti:

1. Proper Noun

Proper Noun adlah jenis kata benda yang digunakan untuk menunjukkan sautu nama orang, bangunan, hewan, tempat, hari, sekolah dan nama tempay lainnya.

Contohnya

  • Lampung (Nama propinsi)
  • Pringsewu (Nama kota)

2. Common Noun

Common Noun adalah salah jenis kata benda yang digunakan untk menunjukkan suatu kata benda secara umum

Contohnya

  • teacher (guru)
  • village (desa)

3. Plural Noun

Plural Noun adalah salah satu jenis kata benda yang digunakkan untuk menunjukkan suatu benda yang jamak atau lebih dari satu.

Contohnya

  • Children (anak-anak)
  • pets (hewan-hewan peliharaan)

Dalam agreement atau concord, penyetaraannya dengan kata kerja (verb) dan to be nya berdasarkan dengan tense atau pola kalimat yang dibutuhkan dalam kalimat tersebut.

Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • The men are standing in front of the room
    (Para lelaki berdiri di depan ruangan itu)
    Penjelasanya
    The men merupakan kata benda plural yang artinya para lelaki yang jumlahnya lebih dari stu (kita tidak dijelaskan secara detail berapa jumlah keseluruhannya) dan kata penggantinya adalah “they”
    maka tobe dalam kalimat “are standing in front of the room” merupakan salah satu tobe yang digunakan dalam The present progressive tense” dan yang pantas dipasangkan setelah “the men” adalah to be “are”
  • A happiness is not only from the financial but also from the love
    (Sebuah kebahagiaan tidak hanya berasal dari keuangan tetapi juga dari cinta)
    Penjelsannya
    A happiness merupakan salah satu contoh kata benda abstract.
    tobe “is” dalam kalimat “is not only from the financial but also from the love” merupakan tobe yang setara karena kebahagiaan itu dihitung benda tunggal jadi menggunakan to be is

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Contoh Kalimat Agreement atau Concord In Number  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: