Comparative - Superlative Degree (Word Order)

Pengertian Dan Contoh Kalimat Comparative – Superlative Degree (Word Order)

Posted on

Bagaimana menyusun suatu kata yang mempunyai tingakatan yang lebih dan paling dalam sebuah kalimat?

Dalam bahasa inggris kita mengenal dengan istilah comparative degree (tingakatan yang menyatakan suatu sifat yang lebih) dan superlative (tingakatan yang menunjukkan suatu sifat yang paling).

Keduanya mempunyai kesamaan yaitu untuk menyatakan suatu sifat atau yang seing dikenal sebagai adjective, yaitu untuk menyatakan suatu keterangam sifat yang lebih dari beberapa sifat dan menyatakan sauatu sifat yang paling menonjol dari beberapa sifat yang ada.

Comparative - Superlative Degree (Word Order)

Ok kita kan merivew kembali mengenai keduanya

  1. The comparative Degree

Bentuk Comparative Degree ini adalah untuk membanding sifat yang lebih diantara dua benda. Jadi ada diantara dua benda itu yang mempunyai sifat yang lebih menonjol, seperti lebih membosankan, lebih panas, lebih sibuk dan lain-lain. nah untuk menyatakan tingkatan lebih ada caranya yaitu dengan penambahan “er” setelah kata yang bersuku kata 1/2. Pemberian “more” sebelum kata yang bersuku kata lebih dari dua. Dan untuk menyatakan “dari” kita menggunakan “than”.

Table tata cara penambahan “er” dan “more”

Kata sifat yang bersuku kata 1/2 Kata sifat yang lebih dari 2 suku kata
Cold       : colder Beautiful : more beautiful
Hot       : hotter Helpful     : more helpful
Holy       : holier Diligent     : more diligent
Dan lain lain

Dalam word order yang diikuti oleh kata benda atau noun, bendanya tidak perlu menggunakan kata benda jamak (plural), justru kita menggunakan kata benda tunggal (singular) dan ingat kawan panjang pendeknya suatu kalimat disesuaikan kebutuhan kalimat dan maknanya. BIsa juga dalam menyebutkan suatu keterangan sifat yang lebih kita tidak menyebutkan beberapa keterangan sifat yang lain, cukup . dengan menyebutkan kata keterangan sifat yang lebih saja, dan apabila mneghendaki dalam suatu kalimat diberi keterangan yang panjangpun, itu tidak apa-apa.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • elder brother
    (saudara laki-laki yang lebih tua)
  • more charming daughter
    (anak gadis yang lebih mempesona)
  • bigger box
    (kotak yang lebih besar)
  • brighter light
    (lampu yang lebih cerah)
  • longer time
    (waktu yang lebih lama)
  • more interesting beach
    (pantai yang lebih menarik)

  1. The superlative Degree

Superlative Degree digunakan untuk menyatakan sifat yang paling menonjol (terlihat) diantara semua (lebih dari dua benda). nah untuk menyatakan tingkatan paling ada caranya yaitu dengan penambahan “est” setelah kata yang bersuku kata 1/2. Pemberian “the most” sebelum kata yang bersuku kata lebih dari dua. Perhatikan table dibawah ini

Kata sifat bersuku kata 1/2 Kata sifat bersuku kata lebih dari 2
Warm : the warmest Charming : the most charming
Big       : the biggest Interesting : the most interesting
Tall       : the tallest Famous     : the most famous

Dalam word order yang diikuti oleh kata benda atau noun, bendanya tidak perlu menggunakan kata benda jamak (plural), justru kita menggunakan kata benda tunggal (singular), dan ingat kawan panjang pendeknya suatu kalimat disesuaikan kebutuhan kalimat dan maknanya. BIsa juga dalam menyebutkan suatu keterangan sifat yang paling kita tidak menyebutkan beberapa keterangan sifat yang lain, cukup . dengan menyebutkan kata keterangan sifat yang paling saja,

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • the tallest student
    (murid yang paling tinggi)
  • the most beautiful singer
    (penyanyi yang paling cantik)
  • the laziest person
    (orang yang paling malas)
  • the most intelligent teacher
    (guru yang paling rajin)
  • the hottest summer
    (musim panas yang paling panas)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Contoh Kalimat Comparative – Superlative Degree (Word Order)  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: