gerund

Pengertian Dan Contoh Kalimat Gerund Phrase

Posted on

Salam sejahtera kawan semuaaa

Setiap pembukaan materi baru, kami tidak bosan bosannya mengingatkan kawan semua agar sebelum kita menerima materi baru, kita wajib memepersiapkan diri kita (mandi, makan dan mood yang bagus agar bisa menerima materi baru dengan mudah)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis Phrase atau frase dalam bahasa inggris yang berdasarkan kata-kata pendahuluannya (introductory words or pivot word). Telah kita pelajari bahwa terdapat 4 (empat) macam Phrase atau frase , namun yang akan kita soroti pada kesempatan kali ini adalah pGerund hrase.

gerund

Untuk mengingatkan bahasa yang disebut Phrase atau frase, Phrase atau yang sering kita adopsi kedalam bahasa Indonesia sebagai Frase, merupakan sekelompok atau sekumpulan kata-kata yang terdiri dari dua kata atau kemungkinan lebih dari dua kata namum dalam bentuk atau sususnannya tidak mempunyai sebuah subjek (baik berupa subjek orang atau benda) dan tidak mempunya predikat atau suatu kegiatan dari si pelaku, akan tetapi Phrase atau frase mempunyai fungsi utama yaitu untuk membangun atau membentuk suatu pernyataan yang dianggap lengkap dan dengan menambah arti arti suatu informasi terhadap sebuah kalimat.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Many magazines on the table are mine
    (Banyak majalah-majalah diatas meja adalah kepunyaan saya)
  • Three children in the school yard are twelfth grade of Social
    (Tiga anak-anak yang berada di lapangan sekolah adalah kelas 12 IPS)

Sedangkan, Apasih “Gerund” itu,,,,, “Gerund” adalah sebuah kata yang awalnya berupa kata kerja (verb) berupa kata kerja pertama (infinitive) yang setelah mendapatkan akhiran –ing menjadi kata benda (noun). Ada beberapa syarat suatu kata kerja (verb) bisa menjadi “Gerund “ loh…ingat ya kawan yang bisa menjadi “Gerund” hanya kata kerja bentuk pertama (infinitive). jangan juga kalian tidak ingin mempelajarinya, karna sebenernya “Gerund” sangat mudah dimengerti ko. tapi sebelumnya kalian harus tau bahwa posisi suatu kata Gerund itu menyesuaikan artinya. Unutk penambahan”-ING” apada suatu kata, kalian bisa perhatikan dikamus kalian di bagian “The Present Continuous Tense”, sehingga cara penulisannya tidak mengalami kesalahan yang fatal.

Dari pngertian antara dua kata tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwasanya Gerund Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata kerja-ing merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata kerja ing atau Gerund dan yang mempunyai fungsi atau kegunaan sebagai kata benda (noun), kata sifat (Adjective),kata depan (preposition), kata keterangan/tambahan (Adverb) terhadap subjek atau pelaku.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • His favorite activity is reading new novel
    (Aktifitas kegemarannya adalah membaca novel baru)
  • My family and I met, our new neighbor, to introduce our family
    (Keluargaku dan aku bertemu, tetangga baru kami, untuk memperkenalkan keluarga kami)
  • A beggar man over the bridge by road is too old
    (Seorang pengemis (laki-laki) disana dekat jembatan dan jalan terlalu tua)
  • Because we in a hurry , we do not know if our mom has prepared us breakfast
    (Karena kami terburu-buru, kami tidak mengetahui apabila ibu kami sudah mempersiapkan kami sarapan)
  • Stop talking about him is enough
    (berhenti membicarakanya itu cukup)
  • They dislike talking about politic
    (Mereka tidak menyukai membicarakan politil)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Contoh Kalimat Gerund Phrase semoga bisa menambah wawasan anda serta dapat menjadi sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas anda. Semoga postingan ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.


Baca juga artikel lainnya :