Infinitive

Pengertian Dan Contoh Kalimat Infinitive Phrase

Posted on

Sebelum kita membahas mengenai materi pada kesempatan hari ini, saya mau Tanya dengan kalian semua, “masih ingat dengan pengertian frase atau phrase?”

“Ada berapa jenis frase atau phrase dalam bahasa inggris berdasarkan pendahuluan atau disebut juga introductory words or pivot words?” Tenang jangan bingung gitu geh kawan,, kami siap mengingatkan kembali menegenai dua (2) pertanyaan diatas.

Infinitive

Phrase atau frase, Phrase atau yang sering kita adopsi kedalam bahasa Indonesia sebagai Frase, merupakan sekelompok atau sekumpulan kata-kata yang terdiri dari dua kata atau kemungkinan lebih dari dua kata namum dalam bentuk atau sususnannya tidak mempunyai sebuah subjek (baik berupa subjek orang atau benda) dan tidak mempunya predikat atau suatu kegiatan dari si pelaku, akan tetapi Phrase atau frase mempunyai fungsi utama yaitu untuk membangun atau membentuk suatu pernyataan yang dianggap lengkap dan dengan menambah arti arti suatu informasi terhadap sebuah kalimat.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Many magazines on the table are mine
    (Banyak majalah-majalah diatas meja adalah kepunyaan saya)
  • Three children in the school yard are twelfth grade of Social
    (Tiga anak-anak yang berada di lapangan sekolah adalah kelas 12 IPS)

Sedangkan untuk Jenisnya berdasarkan pendahuluan atau disebut juga introductory words or pivot words, ada 4 (empat) yaitu Prepositional phrase, participle phrase, gerund phrase dan infinitive phrase.

Pada kesempatan hari ini kita akan membahas mengenai infinitive phrase, namun Pada kesempatan sebelumnya kita, sebagaimana telah dijelaskan pada pembahasan kata kerja (verb) bahwa infinitive atau bentuk dasar kata kerja merupakan sebuah kata yang belum mengalami perubahan bentukm, baik karena perubahan waktu (tense) atau penambahan akhiran huruf –es/s. Kata kerja ini dalam beberapa referensi sering disebut dengan bentuk kata kerja pertama yang disingkat dengan “Verb “. Infinitive bisa berdiri sendiri (tanpa to) dan bisa menggunkan kata to sebelumnya.

Misalnya : see (melihat), hear (mendengar), look (melihat), go (pergi), to smoke (merokok), to read (membaca), to speak (berbicara) dan lain-lain.

Dari dua kata tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Infinitive Phrase atau yang dikenal sebagai frase kata kerja infinitif merupakan salah satu jenis frase yang mengandung kata kerja infinitif dan yang mempunyai fungsi atau kegunaan sebagai kata sifat (adjective), kata benda (noun), kata keterangan atau tambahan (adverb).Namun dalam jenis frase atau phrase ini, kita menggunakan to infinitive untuk mengungapkan suatu kalimat.Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • to lost a bed memory is the hardest thing according to me
    (Menghilangkan kenangan buruk adalah hal yang paling sulit menurut saya)
  • to make students understand about my lesson is difficult but I always try to give it clearly
    (Membuat murid-murid mengerti tentang pelajaranku sulit namun aku selelu mencoba memberikannya degan jelas)
  • to water the plants and flowers makes them fresher
    (menyirami tanaman dan bunga-bunga membuat mereka lebih segar)
  • to question a teacher is to learn from him
    (menanyai seseorang guru adalah belajar darinya)

 

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Contoh Kalimat Infinitive Phrase semoga bisa menambah wawasan anda serta dapat menjadi sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas anda. Semoga postingan ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.


Baca juga artikel lainnya :