noun phrase

Pengertian Dan Contoh Kalimat Noun Phrase

Posted on

Noun Phrase

Noun Phrase atau dikenal sebagai frase kata benda, bisa kita artikan sebagai salah satu jenis Phrase atau frase yang terbentuk dari kata benda (noun) dan mempunyai fungsi atau difungsikan sebagai subjek (pelaku) atau sebagai objek dalam sebuah kalimat.

Untuk lebih jelasnya Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • The handsome students in the corner room is Zailany
    (Murid ganteng yang berada dipojok ruangan itu adalah Zailany)
  • Joko Widodo is out President of Indonesia
    (Bapak Joko Widodo adalah presiden Indonesia kita)

noun phrase

Pembentukan Noun Phrase atau dikenal sebagai frase kata benda, bukanlah hal atau perkara yang susah, bahkan bisa dikatakan mudah apabila kita mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku. Sebelumnya kita akan mengingatkan kembali mengenai pengertian noun dan phrase. Kata benda(noun) adalah jenis kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu nama orang, tempat, hewan, tumbuhan, gagasa atau nama suatu nama benda bahkan hal-hal yang dibedakan dan lain sebagainya. Kita ambil contohnya Jeremy (menunjukkan nama orang), Australia (nama Negara, ) Rose (anama suatu bunga) dan masih banyak lagi contohnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Sedangkan Phrase atau frase, Phrase atau yang sering kita adopsi kedalam bahasa Indonesia sebagai Frase, merupakan sekelompok atau sekumpulan kata-kata yang terdiri dari dua kata atau kemungkinan lebih dari dua kata namum dalam bentuk atau sususnannya tidak mempunyai sebuah subjek (baik berupa subjek orang atau benda) dan tidak mempunya predikat atau suatu kegiatan dari si pelaku, akan tetapi Phrase atau frase mempunyai fungsi utama yaitu untuk membangun atau membentuk suatu pernyataan yang dianggap lengkap dan dengan menambah arti arti suatu informasi terhadap sebuah kalimat.

Bagaimana dua hal tersebut bisa digabungkan?

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Many students are standing in front of the class
    (Banyak murid sedang berdiri didepan kelas)
    They are twelfth grade
    (Mereka adalah kelas dua belas)
    Kita bisa gabungkan menjadi
    Many standing twelfth grade students are in front of the class
    (Banyak murid kelas dua belas berdiri didepan kelas)

Penggabungan tersebut mempunyai subjek benda yang sama yaitu student (muridp-murid), Jadi kita bisa menggabungkan namun kita menghilangkan salah satu dari “students” dalam kalimat tersebut dengan menggunakan noun phrase.

  • The beautiful girl is my niece
    (Gadis cantik itu keponakan perempuanku)
    My niece is over there
    (keponakan perempuanku berada disana)
    Kita bisa gabungkan menjadi
    The beautiful girl over there is my niece

Penggabungan tersebut mempunyai subjek benda yang sama yaitu my niece (keponakan perempuanku), Jadi kita bisa menggabungkan namun kita menghilangkan salah satu dari “my niece” dalam kalimat tersebut dengan menggunakan noun phrase.

  • He is president
    (Dia laki-laki adalah president)
    He is in Indonesia
    (Dia laki-laki di Indonesia)
    Kita bisa gabungkan menjadi
    He is president in Indonesia
    (Dia laki-laki adalah president di Indonesia )

Penggabungan tersebut mempunyai subjek benda yang sama yaitu he is (dia laki-laki) Jadi kita bisa menggabungkan namun kita menghilangkan salah satu dari “he is” dalam kalimat tersebut dengan menggunakan noun phrase.

Demikian penjelasan yang bisa kami sajikan mengenai Pengertian Dan Contoh Kalimat Noun Phrase , semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :