pengertian Reciprocal Pronoun

Pengertian dan Contoh Kalimat Reciprocal Pronoun “each other dan one another”

Posted on

Reciprocal Pronoun dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai kata ganti saling berhubungan adalah salah satu jenis kata ganti yang digunakan untuk menyatakan suatu hubungan timbal balik saling berhubungan antar individu-individu, baik dua atupun lebih dari dua jumlahnya.

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari seprti hubungan kita dengan tetangga, sahabat dan keluarga, kita harus saling menghornati, membantu dalam kebaikan dan saling peduli satu sama lain. Kita “Saling” bisa kita jabarkan sebagai suatu hubungan antara dua orang atau lebih yang terkait atau terikat, sehingga akan timbul suatu ketergantungan dan pastinya hubungannya kuat.

pengertian Reciprocal Pronoun

Contoh lainnya, hubungan antara seorang ibu dan anak, yang sangat terlihat jelas adalah mereka saling menyayangi dan membutuhkan satu sama lain. seorang anak sangat membutuhkan ibu untuk membimbing dan ibu dengan lautan kasih sayangnya selalu berusaha untuk membimbing anaknya agar kelak berguna.

Dalam dunia Science, kita mengenal dengan istilah simbiosis yaitu hubungan timbal balik antar individu satu dengan individu yang lain, bisa antara manusia dengan manusia, manusia dengan binatang, binatang dangan tumbuhan ataupun , manusia dengan tumbuhan.

Reciprocal Pronoun atau kata ganti yang saling berhubungan, mempunyai 2 (dua) jenis kata yang digolongkan didalamnya, antara lain:

1. Each Other

“Each Other” yang mempunyai kata dasar saling atau satu sama lain, digunakan untuk menyatakan bahawasanya antara dua orang atau lebih memepunyai ikatan atau hubungan saling berbuat sesuatu terhadap satu sama lain.

Pada umumnya penggunaan “Each other” hanya digunakan untuk menyatakan hubungan antara dua orang saja. Contoh dalam kehidupan sehari-harinya, kerjasama antar kawan sebangku, antara ibu dan anak, ayah dan anak, adik dan kakak, suami dan istri dan masih banyak lagi.

Contoh Jenis Kalimat Reciprocal Pronoun Each Other

  • Rendi dan Septa love each other so they get merried next month
    (Rendi dan Septa mencintai sati sama lain sehingga mereka menikah bulan depan)
  • the students and the teachers have to help each other in school so the teaching and learning process runs well.
    (Murid-murid dan guru-guru harus saling bantu membantu didalam sekolah sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik)
  • Our team members must have a responsibility and support each other for our development.
    (para anggota tem kita harus memepunyai rasa tanggungjawan dan saling mendukung satu sama lain demu perkembangan kami)

2. One another

“One another” yang mempunyai kata dasar saling atau satu sama lain juga, digunakan untuk menyatakan bahawasanya antara dua orang atau lebih memepunyai ikatan atau hubungan saling berbuat sesuatu terhadap satu sama lain. Pada umumnya penggunaan “one another” hanya digunakan untuk menyatakan hubungan antara lebih dari dua orang . Contohnya kerjasama antara kelompok, tim, perkumpulan, group, organisasi dan wadah perkumpulan laiinnya yang anggotanya yang lebih dari dua orang.

Contoh Jenis Kalimat Reciprocal Pronoun One Another

  • those teenage girls are talking about one another
    (Para anak-anak gadis remaja itu sedang membicarakan satu sama lain)
  • we are busy to clean the room but look at one another, they are lazy to clean the room
    (Kami sibuk membersikan ruangan tapi lihat satu sama lainnya, mereka malas untuk membersihkan ruangan)
  • the ceremony will be held next Sunday, we must prepare everything to make it perfect, so we must help and support one another in our team
    (Acara akan dilaksankan besok Minggu, kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk memebuat acara ini berjalan dengan sempurna, sehingga kita harus membantu dan mendukung satu sama lainnyadan lain-lain di Tim kita)
  • dan lain-lain

Penjelasan diatas tentang Pengertian dan Contoh Kalimat Reciprocal Pronoun “each other dan one another”  merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel beritkunya.


Baca juga artikel lainnya :