be used to modal verb

Pengertian Dan Contoh Pola Kalimat Be Used To (Modal Verb)

Posted on

be Used to yang sering kita gunakan dalam suatu kalimat, tidak serta merta berarti “terbiasa” saja. Namun, kata be Used to yang merupakan salah atu jenis Modal Auxiliary verb ini masih mempunyai makna lain, tentunya menyesuaikan dengan kalimat (sentence) atau ungkapan (phrase). Mari kawan kita mengulik lebih dalam mengenai jenis Modal Auxiliary verb ini.

be Used to yang merupakan salah satu jenis kata kerja bantu (auxiliary verb) mempunyai arti kata “terbiasa” dapat digunakan dalam suatu kalimat atau ungkapan untuk menyatakan sebuah kebiasaan atau perbuatan yang sering dilakukan berulang-ulang namun hal tersebut dilakukan pada masa sekarang (present), dan kebiasaan itu berlangsung atau dilakukan dimasa lampau sampai (past) sampai masa sekarang (present). Dalam penggunaan dan penempatan kata be used to ini, kita harus menggunakan kata kerja bentuk pertama (infinitive/ verb 1-ing ).

be used to modal verb

Dalam penggunaan untuk menyeseuaikan dengan kalimat yang mengiringi nya, bisanya penggunaan pola kalimat The Simple Past Tense yang digunakan karena untuk menyatakan suatu perbuatan yang dilakukan pada masa yang lampau. Kata be used to bisa diikuti oleh kata benda(noun) atau kata kerja v-ing (gerund) yang memepunyai arti arti “terbiasa/ accustomed to”.Penggunaan “be” menyesuaikan dengan subjek yang mendahuluinya. Untuk “am” digunakan untuk subjek “I (saya), unutk “isdigunakan untuk subjek “he (laki-laki). she (perempuan) & it(benda)” sedangkan unutk “are” Untuk subjek “They(mereka), we (kami) & you (kamu) . Untuk lebih jelas, perhatikan rumusnya dibawah ini

Subject + be + used + to + noun/ gerund

Perhatikan Contoh Berikut:

  • My father is used to playing with the children at the afternoon after they come back from the school.
    (Bapakku terbiasa bermain dengan anak-anak pada siang hari setelah (anak-anak) pulang dari sekolah)
  • We are used to taking a nap in front of the television in the dining room
    (Kami terbiasa tidur siang didepan televisi di ruang tengah)
  • I have lived in Jogjakarta for two years, so I am used to eating Gudeg
    (saya sudah tinggal dijogjakarta Selma 2 (dua ) tahun, jadi saya terbiasa memakan gudeg)

Apabila dipakai dalam bentuk kalimat negative, maka kita dapat menggunakan kata kerja bantu tobe not. Perhatikan contoh berikut ini.

  • Ita isn’t Use d to asking the teacher if she meets the difficult in Mathematic
    (Ita tidak terbiasa bertanya kepad guru apabila dia(perempuan) menemui kesulitan dalam pelajaran Matematika)
  • Hermawan and I aren’t use to spend our holiday by travelling but we are used to gardening as our spare time job (Hermawan dan saya tidak terbiasa menghabiskan masa liburan kami dengan pergi jalan-jalan namun kami terbiasa berkebun sebagai pekerjaan untuk pekerjaan)

 

Apabila dipakai dalam bentuk kalimat Tanya (interrogative) , maka kita dapat menggunakan kata kerja bantu tobe yang diletakkan diawal kalimat

Perhatikan contoh berikut ini:

  • Are you used to going to the school by bus?
    (Apakah kamu terbiasa menggunakan (naik) bus berangkat kesekolah?)
  • Is Your daughter used to sleeping in the floor at the afternoon?
    (Apakah anak gadismu terbiasa tidur dilantai pada siang hari?)
  • Are You used to speaking English at class?
    (Apakah kamu terbiasa berbicara menggunakan bahasa inggris dalam kelas?)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Dan Contoh Pola Kalimat Be Used To (Modal Verb) merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :