The Elements of Sentence

Pengertian Dan Unsur Unsur Kalimat (Sentence) Beserta Contoh Terlengkap

Posted on

Helo kawan, pastilah semua kawan sudah pernah membuat suatu kalimat (entah itu dalam bahas indonesi atupun dibahasa lainnya). Pelajaran membuat suatu kalimat sewaktu di tingkat Sekolah Dasar, kita mendalaminya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kita memulai dari kalimat yang paling sederhana sampai dengan kalimat yang menggunkan banyak unsur. Kalimat yang sederhana kita mengenalnya dengan pola “Subjek + predikat + objek

Dalam pembuatan suatu kalimat dalam bahasa inggris, kita juga mempunyai unsur-unsur klalimat yang berbeda dengan pola kalimat dalam bahasa Indonesia. Perbedaan bisa dilihat dari lebih kompleks pembuatan suatu kalimat dalam bahasa inggris. Namun sebelumnya kita akan membahas mengenai “kalimat (sentence)”

The Elements of Sentence

The Meaning of Sentence 

Sentence atau yang dikenal sebagai kalimat merupakan sekumpulan kata yang mempunyai paling sedikit satu subject (pokok kalimat) dan satu Predicate (sebutan kalimat) serta mengandung pengertian yang sempurna atau lengkap. Atau kelompok kata yang mengungkapkan pemikiran utuh dan arti yang dapat dipahami secara jelas.

Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • I go to the school everyday
    (aku pergi ke sekolah setiap hari)
  • With my friend, Nelly
    (Dengan kawanku Nely)
    Pada contoh kalimat pertama diatas mengandung pemikiran yang utuh serta memiliki arti yang jelas, sehingga dapat dinamakan sebuah kalimat. Namun, Pada contoh kalimat kedua diatas tidak mengandung pemikiran yang utuh serta memiliki arti yang jelas, sehingga dapat dinamakan bukan sebuah kalimat.

Berikut ini kita akan membahas unsur-unsur kalimat (The Elements of Sentence)

  1. Subject atau Subjek merupakan salah satu unsur kalimat yang berupa kata atau kelompok kata-kata yang berkaitan dengan kalimat. Subjek ini biasanya, tetapi tidak harus, diletakkan pada awal kalimat. Subjek bisa diartikan sebagai pelaku dalam suatu kalimat, subject ini bisa berupa orang, benda ataupun binatang.

Berikut contoh yang termasuk dalam dan bisa sebagai subject (pelaku):

  • A woman (seorang wanita)
  • Three elephants (tiga gajah)
  • Money (uang)
  • Some audiences (beberapa penonton)
  1. A Predicate atau sebutan suatu kalimat merupakan salah satu jenis unsure kalimat yang berbentuk kata yang digunakan untuk menerangkan keadaan dari subjek. Dalam bahasa inggris, suatu kalimat harus mempunyai suatu predikat yang disebut sebagai kata kerja (verb). Yang dimaksud dengan kata kerja (verb), merupakan jenis kata yang dilakukan oleh si subjek (pelaku). Dan apabila dalam suatu kalimat tidak adanya kata kerja (verb), maka kita bisa menggunakan kata kerja bantu dalam kalimat nominal

Berikut contoh yang termasuk dalam dan bisa sebagai Predicate:

  • The The glass of milk is hot (Segelas susu itu hangat)
  • I eat an apple (Aku makan sebuah apel)
  1. Object atau objek langsung merupakan salah satu unsur kalimat yang berupa kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) yang menjadi sasaran predikatnya. Objek dalam kalimat sangat diperlukan yang bertujuan untuk menyempurnakan maksud dari kata kerja (verb).

Berikut contoh kata yang termasuk dalam dan bisa sebagai An Object atau objek langsung:

  • him (dia laki-laki)
  • mathematics (matematika)
  1. Complement atau pelengkap merupakan salah satu unsure kalimat yang berbentuk kata atau kata –kata yang digunakan untuk melengkapi arti dari kata kerja (verb) dalam suatu kalimat dengan menunjuk pada subjek atau objek langsung.

Berikut contoh kata yang termasuk dalam dan bisa sebagai A Complement atau pelengkap

  • happy (bahagia)
  • a judge (seorang hakim)
  1. Adjunct atau keterangan tambahan merupakan salah satu unsure kalimat yang berbentuk kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan atau memberi keterangan mengenai objek atau subjeknya dalam suatu kalimat.

Berikut contoh yang termasuk dalam dan bisa sebagai An adjunct atau keterangan tambahan

  • the day before yesterday (kemarin lusa)
  • now (sekarang)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Dan Unsur Unsur Kalimat (Sentence) Beserta Contoh Terlengkap merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :