Contoh Report Text
Contoh Report Text

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Kalimat Report text Terlengkap

Posted on

Salam Bahagia Semua sahabatku dimanapun kalian berada,,,,sebelumnya kita pernah membahas mengani deskriptif teks, kahn, nah jenis teks yang kaan kita bahas mirip sekali, namun pasti ada bedanyaaa.

Sebuah wacana ditulis atau dibuat pastilah mempunyai tujuan yang ingin disampaikan oleh pendengar atau pembaca, dengan harapan para pendengar atau pembaca mengerti akan kandungan dari teks atau wacana yang telah ditulis atau dibacakan.

Contoh Report Text

Dalam bahasa inggris ada beberapa jenis wacana atau teks yang biasanya mulai dipelajari dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan perguruan tinggi.

Berikut ini adalah beberapa jenis wacara atau teks yang biasa kita temui dan penjelasannya agar kalian semua mengetahui letak perbedaan anatara satu sama lain, namun yang akan kita bahas dalam kesempatan hari ini mengenai Report text .

Report text atau yang dikenal sebagai teks deskriptif merupakan salah satu jenis teks yang dibuat atau bertujuan agar pembaca atau pendengar mengeteahui kandungan isi wacana atau yang beisi tentang mengupas dari sebuah hasil penelitian atau pengamatan (experiment). Dalam jenis teks deskriptif ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar sebuah teks Report mudah dipahami, antara lain:

Generic Structure

Generic Structure atau yang dikenal sebagai sebuah ururtan struktur atau susunan yang berhubungan bagian-bagain wacana diaman setiap bagian dipisahkan dengan cirri-ciri paragrapnya berbeda. Gereric Structure dari Report text   antara lain:

a.General Classification

Identification merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan penegnalan subjek atau objek yang disoroti. subjek dan objek yang dimaksud bisa berupa nama tokoh orang , binatang, tempat dan lain sebagainya secara umum

b. Description

Description merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   sebuah kata kerja yang berisi tentang penggambarabn subjek dan objek yang bersifat umum, biasanya tidak ada nama khususnya

Language Feature

Language Feature atau yang dikenal sebagai sebuah struktur atau susunan yang berhubungan dengan grammar atau sebuah tata bahasa. Dalam penyusunan descriptive text ada beberapa unsure kebahasaan yang harus kita pahami sehingga mempermudah kita membuat dan juga mempermudah para pendengar atau pembaca memahami informasi yang kita ingin sampaikan, antara lain:

1. Menggunakan noun atau kata benda yang bersifat umum misalnya nama orang, bianatang, tempat dan lain-lain secara umum.
Contohnya

  • bird
    (burung jenis apa saja)
  • tiger
    (macan apa saja jenisnya)
  • teacher
    (guru apa saja)

Maksudnya begini kawan

Subjek umum Subjek khusus
Bird (burung) Pigeon (burun merpati)
Teacher (guru) English teacher (guru bahasa inggris)
Fruit (buah) Grape (buah anggur)
Dan lain-lain

2. Menggunkan The Simple present TENSE
Conothnya:

  • tigers are wild animal
    (macan adalah hewan yang buas)
  • the cat has four legs
    (kucing mempunyai empat kaki)
  • the elephant is tame animal
    (gajah adalah hewan yang jinak)
  • crocodile is an amphibian
    (buaya adalah hewan yang hidup didua alam)

3. Menggunakan detailed noun phrase atau kata benda yang mendapatkan /ditambahkan kata sifat.
Contohnya:

  • calm
    (tenang)
  • tall
    (tinggi)

4. menggunakan kata sifat atau adjective dari benda yang sedang dibicarakan.
contohnya:

  • big
    (besar)
  • small
    (kecil)
  • amphibian
    (hewa yang hidup didua alam)

5. menggunkan relation process maksudnya mengunakan kata kerja yang dpaat menggambarkan sebuah penampakan sebuah benda

6. menggunakan figurative language, atau bahasa figurative yang bertujuan mambandingan

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Fungsi Dan Contoh Kalimat Report text Terlengkap  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: