Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Terlengkap Discussion Text

Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Terlengkap Discussion Text

Posted on

Salam semangat terdahsyat untuk pecinta bahasa Inggris di seluruh Indonesia. Masih bersama kami di sini bahasainggrisoke.com yang selalu setia mengulik-kulik berbagai materi yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Ok, di hari yang indah dan berhasrat ini mari kita lanjutkan pembahasan bahasa inggris kita tentang sebuah teks yang populer dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Ada yang tahu? Yaps anda benar, kali ini kita akan fokus dengan yang namanya Discussion Text. Inti dari text bergenre Discussion Text ini adalah untuk menyajikan minimal dua buah sudut pandang yang berbeda dari sebuah permasalahan yang masih kontroversial atau debatable dalam bahasa Inggris.

Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Terlengkap Discussion Text

Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Terlengkap Discussion Text

Pengertian

Discussion Text adalah teks yang menyajikan wacana tentang sebuah masalah yang dibahas dari sudut pandang yang berbeda.

Fungsi Sosial Text / Tujuan Penulisan Discussion Text

Tujuan dari Discussion Text adalah untuk menyajikan berbagai sudut pandang yang berbeda tentang sebuah isu untuk membantu memperoleh pemahaman yang lengkap, sehingga dapat dibuat kesimpulan yang tepat. Dalam bentuk tertulis, Discussion Text ini sering berbentuk sebuah genre text yang lebih kompleks, seperti penelitian atau laporan ilmiah.

Struktur Kebahasaan Dari Discussion Text Terdiri Dari Empat Bagian:

  1. Judul (Optional)
  2. Thesis: Rumusan masalah yang akan dibahas.
  3. Arguments: Pendapat yang dituliskan berhubungan dengan thesis. Dalam Discussion Text umumnya terdapat dua argument yang berhubungan dengan thesis. Yaitu ARGUMENT FOR/PRO yang mendukung thesis dan ARGUMENT AGAINST/CCONTRA yang menyajikan poin lain yang tidak setuju dengan thesis.
  4. Kesimpulan: dalam Discussion Text biasanya terdapat bagian kesimpulan yang menyimpulkan masalah yang ada dalam thesis dengan mempertimbangkan argument-argumen pro dan kontra yang telah disajikan.

Ciri kebahasaan dari Discussion Text adalah sebagai berikut:

@ Menggunakan thinking/ mental process verb; feel, hope, believe, etc

@ Menggunakan kata penghubung (Conjunction) additive, contrastive, and casual connection; similarly, on the hand, however, nevertheless etc

@ Menggunakan modalities; must/have to, should,can/ could, may/might, etc

@ Menggunakan adverb of manner; deliberately, hopefully,carefully, wisely, etc