explanations text

Pengertian,Jenis Dan Contoh Explanation Text Terlengkap

Posted on

Good morning all my friends, how are you this morning?
Bagaimana dengan keadaan kalian semua pada kesempatan hari ini? semoga dalam suasana hati dan semangat yang baikkkk.

explanations text

Kalian pastilah sudah pernah membuat sebuah karangan yang mengharuskan kalian mengembangkan dari ide pokok atau mengikuti apa yang kalian pikirkan atau bayangkan?
pada dasarnya, Sebuah wacana ditulis atau dibuat pastilah mempunyai tujuan yang ingin disampaikan oleh pendengar atau pembaca, dengan harapan para pendengar atau pembaca mengerti akan kandungan dari teks atau wacana yang telah ditulis atau dibacakan.

Dalam bahasa inggris ada beberapa jenis wacana atau teks yang biasanya mulai dipelajari dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan perguruan tinggi.

Berkitu ini adalah beberapa jenis wacara atau teks yang biasa kita temui dan penjelasannya agar kalian semua mengetahui letak perbedaan anatara satu sama lain, namun yang akan kita bahas dalam kesempatan hari ini mengenai Explanation text .

Explanation text atau yang dikenal sebagai teks penjelasan merupakan salah satu jenis teks yang dibuat atau bertujuan agar pembaca atau pendengar mengeteahui kandungan isi wacana atau yang beisi tentang sutau penjelasan mengenai suatu peruses sesuatau yang ada atau terbentuk dan juga membahas sebuah teori atau fenomena alam yang sering kita temui dikehidupan nayata. Dalam jenis teks explanation ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar sebuah teks explanation mudah dipahami, antara lain:

Generic Structure

Generic Structure atau yang dikenal sebagai sebuah ururtan struktur atau susunan yang berhubungan bagian-bagain wacana diaman setiap bagian dipisahkan dengan cirri-ciri paragrapnya berbeda. Gereric Structure dari explanation text   antara lain:

  • Genenral Statement
    General Statement merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah pernyataan yang memperkenalan subjek atau objek yang disoroti. subjek dan objek yang dimaksud bisa berupa nama sebuah kejadia alam yang sudah diketahu dan tidak menutup kemungkinan belum pernah diketahui sebelumnya
  • Explanation
    Explanation merupakan salah satu generic structure yang brisi atau brguna untuk menunjukan bagaimana sebuah proses terjadi, atas dasar apa, mengapa dan bagaimana semua terbentuk.

Language Feature

Language Feature atau yang dikenal sebagai sebuah struktur atau susunan yang berhubungan dengan grammar atau sebuah tata bahasa. Dalam penyusunan descriptive text ada beberapa unsure kebahasaan yang harus kita pahami sehingga mempermudah kita membuat dan juga mempermudah para pendengar atau pembaca memahami informasi yang kita ingin sampaikan, antara lain:

  • Menggunakan general noun atau bisa juga disebut kata benda yang berjenis kata benda umum, tidak menyebutkan nama yang khusus
  • Menggunakan abstract noun atau yang biasa kita sebut sebagai kata benda yang tidak berbentuk (berwujud/tidak nyata). meskipun keberadaannya tidak bisa dilihat secara visual (dengan menggunakan indera penglihatan), namun benda ini bisa dirasakan denga hati atau perasaan
  • Menggunkaan action verb atau sebuah jenis kata kerja yang digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian atau peristiwa terjadi
  • Menggunakan The Simple Present Tense, alasan mengapa menggunkan jenis tense ini karena sebuah fenomena alam merupakan hal yang terjadi selalau dengan proses yang alami
  • Menggunkaan passive voice atau kalimat pasif , dimana posisi objeknya berubah atau menggantikan posisi subjek, arti dari kalimat pasif merupakan bahwa objek dikenai sebuah pekerjaan.

Contoh teks yang berbentuk Explanation

  • earthquake (gempa bumi)
  • flood (banjir)
  • speech (pidato)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian , Jenis Dan Contoh Explanation Text Terlengkap  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: