complement

Pengertian, Jenis Dan Contoh Kalimat Complement Terlengkap

Posted on

Helo kawan, pastilah semua kawan sudah pernah membuat suatu kalimat (entah itu dalam bahas indonesi ataupun dibahasa lainnya). Pelajaran membuat suatu kalimat sewaktu di tingkat Sekolah Dasar, kita mendalaminya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kita memulai dari kalimat yang paling sederhana sampai dengan kalimat yang menggunkan banyak unsure. Kalimat yang sederhana kita mengenalnya dengan pola “Subjek + predikat + objek

Dalam pembuatan suatu kalimat dalam bahasa inggris, kita juga mempunyai unsur-unsur klalimat yang berbeda dengan pola kalimat dalam bahasa Indonesia. Perbedaan bisa dilihat dari lebih kompleks pembuatan suatu kalimat dalam bahasa inggris. Namun sebelumnya kita akan membahas mengenai “kalimat (sentence)”

complement

Complement

Complement atau pelengkap merupakan salah satu unsure kalimat yang berbentuk kata atau kata –kata yang digunakan untuk melengkapi arti dari kata kerja (verb) dalam suatu kalimat dengan menunjuk pada subjek atau objek langsung. Perhatikan contoh kata yang termasuk dalam dan bisa sebagai A Complement atau pelengkap.

  • happy (bahagia)
  • a judge (seorang hakim)
  • here (disini)

Dalam bahasa inggris, Complement (pelengkap) dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu:

  1. Subjective Complement (Pelengkap subjek) merupakan jenis pelengkap yang digunakan untuk melengkapi subjek dalam suatu kalimat.
  1. Objective Complement (Pelengkap Object) merupakan jenis pelengkap yang digunakan untuk melengkapi Objek dalam suatu kalimat.

Dalam suatu kalimat pelengkap (complement) dapat dipakai setelah:

a. Transitive Verb

Transitive Verb atau yang dikenal sebagai kata kerja transitif merupakan salah satu jenis kata kerja yang memerlukan objek untuk melengkapi objeknya.

Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • The news made the newlywed happy
    (Berita itu membuat pasangan yang baru menikah itu bahagia)
  • I found the puppy at the park
    (Aku menemukan seeokr anak anjing ditaman)
  • They elected you a governor
    (Mereka memilihmu menjadi seorang gubernur)

b. Intransitive Verb

Intransitive Verb atau yang dikenal sebagai kata kerja intrasitif merupakan slah satu jenis kata kerja yang tidak memerlukan objek untuk melengkapi keterangan subjeknya.

Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • She comes here tonight
    (Dia(perempuan) datang kesini mala mini)
  • The baby is crying now
    (bayi itu sedng menangis sekarang)

c. Auxiliary Verb

Auxiliary Verb atau yang dikenal sebagai kata kerja bantu merupakan salah satu jenis kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan antara subjek (pelaku) dengan pelengkapnya. Biasanya kata kerja ini berbentuk kata kerja bantu utama (primary auxiliary verb) yang berupa “tobe” dan sering digunakan untuk suatu kalimat “non-verbal” (kalimat yang predikatnya bukan kata kerja(verb)).

Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • I am a judge
    (saya seorang hakim)
  • Susan is here
    (Susan disini)
  • My mom and I were at home when it was raining hard yesterday
    (Ibuku dan aku berada dirumah ketika hujan lebat kemarin)
  • He is handsome
    (Dia(laki-laki) ganteng)

d. Linking Verb

Linking Verb atau yang dikenal sebagai kata kerja penghubung merupakan salah satu jenis kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan antara subjek dengan pelengkapnya.

Perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • You look so beautiful
    (kamu terlihat sangat cantik)
  • Mr. Taufik looks handsome
    (Tuan Taufik terlihat ganteng)
  • I feel a headache
    (aku merasa sakit kepala)
  • I am so nervous
    (aku begitu gerogi)

Demikian penjelasan tentang Pengertian, Jenis Dan Contoh Kalimat Complement Terlengkap merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :