descriptive text

Pengertian, Jenis Dan Contoh Kalimat Descriptive Text Terlengkap

Posted on

Sebuah wacana ditulis atau dibuat pastilah mempunyai tujuan yang ingin disampaikan oleh pendengar atau pembaca, dengan harapan para pendengar atau pembaca mengerti akan kandungan dari teks atau wacana yang telah ditulis atau dibacakan.

descriptive text

Dalam bahasa inggris ada beberapa jenis wacana atau teks yang biasanya mulai dipelajari dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan perguruan tinggi.

Berikut ini ada beberapa jenis wacara atau teks yang biasa kita temui dan penjelasannya agar kalian semua mengetahui letak perbedaan anatara satu sama lain, namun yang akan kita bahas dalam kesempatan hari ini mengenai Descriptive text .

Descriptive text atau yang dikenal sebagai teks deskriptif merupakan salah satu jenis teks yang dibuat atau bertujuan agar pembaca atau pendengar mengeteahui kandungan isi wacana atau yang beisi tentang menggambarakan sebuah toko atau benda. Dalam jenis teks deskriptif ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar sebuah teks deskriptif mudah dipahami, antara lain:

Generic Structure

Generic Structure atau yang dikenal sebagai sebuah ururtan struktur atau susunan yang berhubungan bagian-bagian wacana dimana setiap bagian dipisahkan dengan ciri-ciri paragrapnya berbeda. Gereric Structure dari Descriptive text   antara lain:

Identification

Identification merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan penegnalan subjek atau objek yang disoroti. subjek dan objek yang dimaksud bisa berupa nama tokoh orang , binatang, tempat dan lain sebagainya.

Description

Description merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   cirri-ciri subjek atau objek yang disoroti dimana para pembaca atau pendengar seolah-oleh melihat objek atau subjek yang dimaksud meskipun tidak melihat secara visual.

Language Feature

Language Feature atau yang dikenal sebagai sebuah struktur atau susunan yang berhubungan dengan grammar atau sebuah tata bahasa. Dalam penyusunan descriptive text ada beberapa unsure kebahasaan yang harus kita pahami sehingga mempermudah kita membuat dan juga mempermudah para pendengar atau pembaca memahami informasi yang kita ingin sampaikan, antara lain:

  1. Menggunakan noun atau kata benda yang bersifat specific atau khusus, misalnya nama orang, bianatang, tempat dan lain-lain.
  2. Menggunkan The Simple present TENSE
  3. Menggunakan detailed noun phrase atau kata benda yang mendapatkan /ditambahkan kata sifat
  4. menggunakan kata sifat atau adjective dari benda yang sedang dibicarakan
  5. menggunkan relation process maksudnya mengunakan kata kerja yang dpaat menggamabarkan sebuaah penampakan sebuah benda
  6. menggunakan figurative language, atau bahasa figurative yang bertujuan mambandingan anatara satu benda denagn benda yang lainnya

contoh teks deskriptif

I have a son, he is named Fairuz Athallah Huda, he was born on June 3rd 2014, he is still 21 months. All of my family call him, Iyud.

He has pointed nose, his skin is exotic, he likes eating salty meal. He has short black hair, his fore head is wide enough, I think hw will be a success man in the future.

Artinya

Aku mempunyai anak laki-laki, dia laki-laki bernama Fairuz Athallah Huda, da lahir pada tanggal 3 Juni 2014, dia masih berumur 21 bulan. Semua keluarga memanggilanya Iyud.

Dia mempunyai hidung yang mancung, dia suka makan makanan yang gurih. Dia mempunyai rambut hitam pindek yang hitam, Jidanya cukup lebar aku rasa dia kan menjadi seorang laki-laki yang sukses.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Jenis Dan Contoh Kalimat Descriptive Text Terlengkap  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: