Kata Sifat Terlengkap

Pengertian, Jenis Dan Contoh Kata Sifat Terlengkap

Posted on

Dalam tata bahasa kita mempelajari jenis-jenis kata, seperti kata benda (noun), kata sifat (adjective), kata keterangan (Adverb) ataupun kata kerja (verb). Setiap jenis kata mempunyai arti dan fungsi yang berbeda, namun biasanya mereka saling terakaitan. Hal itu dimaksudkan agar dalam penggunaannya tidak terjadi timpang tindih antar kata sehingga menimbulkan makna yang kacaau dalam suatu kalimat.

Kata Sifat Terlengkap

Dalam suatu kalimat kita pasti pernah dan mungkin selalu menggunakan suatu kata sifat. Contohnya dalam penggunaan dalam bahasa indonesia. Kita menggunakan untuk menciri-cirikan sesuatu benda ataupun orang. Singkat kata kata sifat itu merupakan identitas suatu benda atau orang, sehingga ciri-ciri tersebut mengarahkan kepada benda yang dimaksud.

Kata sifat yang disebut didalam bahasa inggris adalah Adjective merupakan suatu jenis kata yang digunakan untuk memberikan suatu sifat pada kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Atau kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan atau membatasi arti suatu kata benda atau kata ganti.

Dibawah ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai jenis-jenis kata sifat (adjective) berdasarkan penggolongannya dibagi menjadi 2 (dua) macam, dalam pelajaran bahasa inggris ini yaitu:

1. Descriptive

Descriptive Adjective yang disebut juga sebagai kata sifat deskriptif merupakan jenis kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan kata benda (noun), atau kata ganti (pronoun). Kata sifat ini identik bisa kita jelaskan karena berhubungan dengan panca indra kita yang meliputi ukuran, bentuk, takaran, berat, bau, rasa, warna dan sebagainya. Contohnya:

  • Faizah is a beautiful students in her school
    (Faizah adalah seorang murid yang cantik disekolahnya).
    Keterangannya: “Beautiful” merupakan kata sifat (Adjective) yang bisa ditangkap oleh indera penglihatan kita.
  • today is hot day so I need something to drink
    (Hari ini adalah hari yang panas sehingga aku membutuhkan sesuatu untuk diminum).
    Keterangan: “HOT” merupakan kata sifat (Adjective) yang bisa ditangkap oleh indera pengecap/peraba kita.
  • A big boss asked me to come to his room
    (Bos besar memintaku tunuk mdatang keruangannya).
    Keterangan: “big” merupakan kata sifat (adjective) yang bidaditangkap oleh indera penglihatan kita.
  • dan lain-lain.

2. Limiting Adjective

Limiting Adjective yang dikenal sebagai kata sifat yang membatasi merupakan salah satu jenis kata sifat yang digunakan untuk mempersempit atau membatasi kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) tanpa memberikan informasi yang jelas mengenai suatu keadaan, jenisnya dan sebagainya. Misalnya Your book (buku mu), that car (mobil itu), this watch (jam ini), four children ( empat anak-anak) dan lain-lain. Dalam Limiting adjective kita dihubungan dengan ,materi possessive adjective, yang termasuk dengan possessive adjective seperti “my, your, their, our, her, his, its” dimana kita harus menyertakan kata benda setelah possessive adjective. Contohnya:

  • Their home (rumah mereka)
  • my son (anak laki-lakiku)
  • her favorive food (makanan kesukaannya(perempuan)
  • dan lain-lain

Dalam Limiting Adjective kita mengenal dengan demonstrative adjective seperti “this, that, those, these”. Contohnya:

  • This pen (Pena ini)
  • these maps (Peta-peta ini)
  • that girl (gadis itu)
  • dan lain-lain.

Penjelasan diatas tentang Pengertian, Jenis Dan Contoh Kata Sifat Terlengkap merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel beritkunya.


Baca juga artikel lainnya :