4

Pengertian, Kegunaan Dan Contoh Kalimat Impersonal It

Posted on

Dalam sebuah susunan dalam suatu kalimat kita sering menemui sebuah subjek (pelaku) ataupun objek. Dimana subjek (pelaku) dan objek nya berupa sebuah benda, pengertian benda (noun) bisa berasal dari jenis tumbuhan, binatang, benda mati, benda tambangn benda hidup yang tidak memepunyai/tidak terdeteksi berjenis kelamin. Dalam bahasa inggris, predikat selalau diidentikkan dengan kata keerja (verb) atau tobe. Untuk kata kerja (verb) itu sendiri bisa berupa katakerja pertama, kata kerja kedua atu kata kerja ketiga, yang menyesuaikan dengan pola kalimat yang dibutuhkan. Apabila dalam sebuah kalimat itu tidak terdapat kata kerja (verb), maka kita bisa menggunakan katakerja bantu (auxiliary verb) ataupun kata kerja penghubung (linking verb).

4

Kata “it” dan “there” dalam bahasa inggris mempunyai peran penting dimana kedua kata tersebut tersirat sebuah maksud/tujuan untuk menunjukkan sebuah keterangan berupa kata pengganti suatu benda (noun). Kedua kata tersebut bisa digunakan untuk difungsikan sebagai subjek (pelaku) dalam sebuah kalimat, dengan caataatan dalam kalimat tersebut tidak terdapat sebuah kata benda berupa subjek. Untuk arti kedua kata tersebut (sebenarnya tidak perlu diterjemahkan) bergantung dengan kalimat tersebut.

Pada kesempatan hari ini kita akan membahasa mengenai Impersonal “it” yang digunakan bukan untuk menunjukkan atau menggantikan subjek (pelaku) dan objek nya berupa sebuah benda, pengertian benda (noun) bisa berasal dari jenis tumbuhan, binatang, benda mati, benda tambangn benda hidup yang tidak memepunyai/tidak terdeteksi berjenis kelamin. Namun impersonal “it” digunakan sebagai sebuah subjek (pelaku) yang bersifat semu/sementara. Dikatakan semu/sementara karean apabila impersonal “it” terangkai dengan waktu (time), cuaca (Weather), jarak (distance), keadaan (condition) dan juga untuk beberapa pola kalimat tertentu.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai kegunaan impersonal It dalam sebuah kalimat, yang sebenarnya sering kita gunakan atau kita buat. Perhatikan beberapa poin dibawah ini:

  1. Sebuah kata ganti atau yang sering kita sebut dalam istilah bahasa inggris sebagai pronoun, digunakn untuk menggantikan sebuah kata benda tunggal (singular noun) yang berupa kata ganti “it” dan apabila salam sebuah kalimat terdapat sebuah kata benda jamak (plural) maka kata penggantinya berupa kata “they”. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:
  • I have bought a new hat, it is blue
    (aku sudah membeli sebuah topi baru, itu biru)
  • My mom peels three apples, they are sweet
    (Ibuku mengupas tiga apel, mereka manis)
  1. Dalam sebuah kalimat pendahuluan (presface) atau kalimat pengantar (preparatory sentence ) digunakan untuk menyatakan atau menunjukkan sebuah keterangan waktu (time), cuaca (weather), jarak (distance), keadaan (condition) atau identitas (identity). Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:
  • It is one afternoon
    (Sekarang jam satu siang)
  • it will be raining tonight
    (malam ini akan hujan)
  • How far is it from Pringsewu?
    (Berapa jaraknya dari Pringsewu?)
  • It is beautiful Sunday, I think
    (Minggu ini indah menurut saya)
  • It is my new home
    (ini rumah baruku)
  1. Sebuah subjek pendahulu (preparatory subject) , apabila dari sebuah kalimat adalah sebuah infinitive atau clause. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:
  • To be with you is my hope
    (Bersamamu adalah harapanku)
  • That you should like him is interesting
    (Adalah sebuah hal yang menarik kalau kamu menyukainya)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Kegunaan Dan Contoh Kalimat Impersonal It  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: