ordinal-and-cardinal number

Pengertian Numberal Word Order Beserta Jenis Dan Contohnya

Posted on

Heloo kawannn

Sudah pernah mendengar istilah word order ?
kalau dari arti dasarnya

word     : kata
order     : pesan

jadi bagaimana kita mengartikannya?

word order adalah salah satu cara yang digunakan dalam pembuatan suatu kata subjek yang diikuti oleh beberapa keterangan seperti (quatitives, demonstrative, article possessive atapun ordinaries).

ordinal-and-cardinal number

Naah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana menyusun suatu kata yang terdiri dari ordinaries atau penomeran yang diikuti oleh suatu benda atau noun?

Tapi sebelumnya kita kulik sedikit mengenai Ordinaries yaaa, Jadi ada 2 (dua) jenis ordinaries yang akan kita soroti yaitu:

1. Ordinar number

Kita sudah belajar menghitung atau menghapal angka-angka yang, dari balita orang tua kita mengajari kita untuk mengitung suatu benda dengan meghadirkan bendanya langsung. Agar, kita mullah menghitungnya and akan selalu teringat. Untuk ,mengatakan 5 anak dan anak ke-5, kta tidak menggunakan cardinal number kawan, yang kita harus kita gunakan yaitu Ordinal number. Apakah yang dimaksud dengan Ordinal Number sih kaan? Siapa yang bisa memberikan argumentnya tentang Ordinal number?

Cardinal Number yang sering disebut sebagai angka yang bertingkat adalah suatu angka yang berfungsi untuk menyatakan posisi suatu kata benda (noun.) dalam penulisannya bisanya diawali oleh definite article “THE”. Untuk lebih jelasnya perhatikan kegunaan dari Cardinal Number dibawah ini, dijamin kalian akan lebih paham.

Cara penulisan yang benar akan kami jelaskan dibawah ini.

1.THE FIRST (1ST )

Digunakan untuk menyatakan menyatakan suatu angka (number) yang diakhiri dengan angka 1(satu). Contohnya:

  • The first love
    (cinta pertama)
  • The 101th member
    ( anggota yang ke 101)

2. THE SEOCOND (2nd)

Digunakan untuk menyatakan suatu angka (number) yang berakhiran dengan angka 2 (dua)

  • The second change
    (kesempatan kedua)
  • The twenty second marble
    (kelerang yang dua puluh dua)

3.THE THIRD (3RD)

Digunakan untuk menyatakan suatu angka (number) yang berakhiran dengan angka 3 (tiga).

  • The third novel
    (Novel yang ketiga)
  • the twenty third students
    (murid ke dua puluh tiga)

4.THE

Digunakan untuk menyatakan angka (number) yanag berakhiran 4 (empat),5 (lima), 6 (enam), 7 (tujuh), 8(delapan), 9 (Sembilan) dan 0 (nol)

  • the fourth seat
    (di bangku ke empat)
  • the fifth balon
    (balon ke lima)

5.Pengecualian

Diatas telah dijelasin angka (number) yang mendapat akhiran tertentu, tapi untuk urutan angka (number) dari 11 , 12, dan 13. Meraka bukan mendapat akhiran elevenst , twelevend atau pun thirteenrd… yang benar akhiran “TH” adalah sebagai berikut

  • 11 (eleventh)
  • 12 (Twelfth)
  • 13 (thirteenth)

 

Bagaimana ordinar number dalam word ordernya? penempatan kata benda atau nounnya diletakkan setelah Ordinari verb.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • the first child
    (Anak pertama)
  • the second question
    (pertanyaan yang kedua)
  • the third step
    (langkah yang ketiga)
  • the fourth song
    (lagu yang keempat)

 

2. Cardinal Number

Pastinya kalian udah mahir ya untuk masalah angka-angka dalam penjumlahan, pengurangan, perkalina, pembagian dan berbagai maslah dalam angka-angka. Dlam bahasa inggris kita akan membahas angka cardinal (Cardinal Number) apa sih cardinal itu? Seperti yang kita nyanyikan bersma-sama tadi, ada lagi contohnya seperti, (6)enam bunga, 2 (dua) meja, 11 (sebelas) sepatu dan masih banyak lagi contoh dalam kehidaupan sehari-hari kita. Karna angka satu ini sangat erat hubungan dengan malah jumlah, jadi jangan sampai salah dalam penulisan, pelafalan dan penghafalan ya kawan.

Hanya ingin mengingatkan kawan dan supaya tidak lupa, dibawah ini adalah angka (number) yang termasuk alam Cardinal Number dan dalam word ordenya, kata benda (noun)diletakkan dibelakang cardinal number (menyesuaikan dengan julmahnya, apa bila jumlahnya hanya satu bendanya tidak mendapatkan penambahan –es/s dan apabila bendanya lebih dari satu maka kata bendanya mendapat – penambahan es/s

Perhatikan contoh kalimat ny dibawah ini:

  • 2 (two) children
    (dua anak)
  • 12 (twelve) apples
    (dua belas apel)
  • 20 (twenty) students
    (dua puluh murid)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Numberal Word Order Beserta Jenis Dan Contohnya  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: