PASSIVE PERFECT

Pengertian, Pola dan Contoh Kalimat PASSIVE PERFECT PARTICIPLE

Posted on

Sedikit mengingatkan kawan semua, sebelum kita melanjutakan ke bahasa mengenai “Passive Perfect Participle” kita intip kembali materi kita tentang “Passive Voice” .

Pernahkan kalian membuat kalimat aktif dan kalimat pasif? Dipelajaran bahasa indonesiapun, kalian pasti pernah diajakan dibangku Sekolah Dasar (SD). Hayooo? Apa kalian tau apa bedanya kalimat aktif dan kalimat pasif?

Siiip bener analisanya.. kalau kalimat aktif berpola S+P+0, sama halnya dengan Subjek mengerjakan suatu perkerjaan. Bagaimana dengan kalimat pasif? Kalau kalimat pasif posisi Subjek digantikan oleh subjek.

PASSIVE PERFECT

Kalimat pasif (Passive Voice) adalah jenis kalimat yang posisi subjeknya digantikan oleh subjek, dimana objek dikenai pekerjaan/menderita. Arti kata dalam kalimat pasif itu biasanya berawalan “di-, ke- atau ter-“.

Perhatikan contoh kalimat bahasa Indonesia dibawah ini:

Kalimat aktif : Fanny memeotong bawang
Kalimat pasif : Bawang dipotong oleh Fanny

Dari contoh diatas kita mengetahui bahwa dikalimat aktif, subjek (Fanny) melakukan perkerjaan (memotong) dan objeknya adalah bawang. Sedang dikalimat pasif, Bawang (menggantikan subjek) dikenai penderitaan (dipotong) dan oleh Fanny (sebagai pengganti objek).

Di Passive voice, kita mnggunakan “tobe + past participle” untuk menyatakan ”di-, ke- atau ter-“. Dan biasanya dalam kalimat pasif (passive voice) terdapat kata “BY” yang artinya “oleh”. Karena kita akan membahas Passsive Past Participle, pola kalimat yang digunakan adalah Present perfect tense.

Dibawah ini adalah pola kalimatnya dalam bentuk passive voice (kalimat pasif)

O + HAS/HAVE/ BEEN + PAST PARTICIPLE

Contohnya :

• Lussy has been given the warning letter from her teacher
(Lussy sudah diberikan surat peringatan dari gurunya)
• Intan and I have been learnt about Mathematics
(Intan dan aku udah diajarkan mengenai Matematika)
• Yunni has been called twice by her mom
(Yunni sudah dipanggil dua kali oleh ibunya)

Kembali kepada “Passive past participle” yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah dikerjakan/dilalui dan kemudian ada kegiatan lainnya yang mengikuti. Sama dengan halnya “Active Past Participle” kita tidak menyertakan Subjek diawal kalimat, namun perlu diingat inikah kalimat pasif jadi yang tidak perlu ditulis diawal kalimat adalah Objek, dan untuk kalimat yang terjadi mengikuti kejadian pertama menggunkan pola kalimat The Simple Past Tense. Perhatikan pola “Passive Perfect Participle “

HAVING + BEEN + PAST PARTICIPLE

Untuk mengingatkan kembali bahwasanya “past participle” itu adalah kata kerja bentuk ketiga(Verb 3). Untuk mengetahui apa saja jenis kata yang termasuk kata yang beraturan (regular verb) atau kata yang tidak beraturan (irregular verb), kalian sebaiknya memeriksa di bagian tengah kamus.

Contoh :

  1. The thief has been seen by the Police, the thief ran away
    (Pencuri sudah diintai oleh polisi, pencuri melarikan diri)

    • Having been seen by the police the thief ran away
      (Setelah (mengetahui kalau) diintai oleh polisi, pencuri melarikan diri)
  2. The postman has been bitten twice, the postman refused to deliver the letters unless we chained the dog
    (Pak pos sudah digigit duakali, pak pos memutuskan untuk menolak unutk mengirim surat kami meskipun kami sudah mengrangkeng sang anjing)

    • Having been bitten twice, the postman refused to deliver the letters unless we chained the dog .
      (Setelah (Mengetahui kalau) digigit dua kali , pak pos memutuskan untuk menolak unutk mengirim surat kami meskipun kami sudah mengrangkeng sang anjing)
  3. He has been dismissed from his job, he decide to do private business
    (Dia(laki-laki) sudah di berhentikan dari pekerjaannya, dia memutuskan untuk melakukan bisnis kursus/privat)

    • Having been dismissed from his job, he decide to do private business
      (setalah (mengetahui kalau) di berhentikan dari pekerjaannya, dia memutuskan untuk melakukan bisnis kursus/privat)

Demikian penjelasan tentang Pengertian, Pola dan Contoh Kalimat PASSIVE PERFECT PARTICIPLE merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :