subjects

Pengertian Subject Dalam Tense Lengkap Dengan Jenis Dan Contohnya

Posted on

Helo kawan, pastilah semua kawan sudah pernah membuat suatu kalimat (entah itu dalam bahas indonesi atupun dibahasa lainnya). Pelajaran membuat suatu kalimat sewaktu di tingkat Sekolah Dasar, kita mendalaminya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kita memulai dari kalimat yang paling sederhana sampai dengan kalimat yang menggunkan banyak unsure. Kalimat yang sederhana kita mengenalnya dengan pola “Subjek + predikat + objek

Dalam pembuatan suatu kalimat dalam bahasa inggris, kita juga mempunyai unsur-unsur klalimat yang berbeda dengan pola kalimat dalam bahasa Indonesia. Perbedaan bisa dilihat dari lebih kompleks pembuatan suatu kalimat dalam bahasa inggris. Namun sebelumnya kita akan membahas mengenai kalimat (sentence) khususnya mengenai “Subject (pelaku)”

subjectsSubject

Subject atau Subjek merupakan salah satu unsur kalimat yang berupa kata atau kelompok kata-kata yang berkaitan dengan kalimat. Subjek ini biasanya, tetapi tidak harus, diletakkan pada awal kalimat. Subjek bisa diartikan sebagai pelaku dalam suatu kalimat, subject ini bisa berupa orang, benda ataupun binatang.

Perhatikan contoh kata yang termasuk dalam dan bisa sebagai subject (pelaku)

  • A woman (seorang wanita)
  • Three elephants (tiga gajah)
  • Money (uang)
  • Some audiences (beberapa penonton)

Dalam suatu kalimat, subjek (pelaku) dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu:

  1. A simple Subject

 A simple Subject atau yang disebut sebagai kalimat sederhana merupakan jenis subjek(pelaku) dalam suatu kalimat yang istilahnya terdiri dari satu suku kata saja (a syllable). Bukan berarti Subjek (pelaku) ini semua mempunyai suku kata satu saja, maksudnya Subjek ini murni berasal dari suatu kata atau nama yang tidak rumit dan belum mengalami suatu modifiksi dengan penambahan kata. Subjek (pelaku) ini bisa berasal dari kata benda berupa nama orang, nama binatang, nama kota, nama sutau tempat dan lain sebagainya. Bentuk subjek (pelaku) ini bisa berupa kata benda (noun), kata ganti (pronoun), kata sifat (adjective), kata kerja dasar (infinitive), atau gerund. Perhatikan contoh kata yang termasuk dalam dan bisa sebagai A Simple Subject atau subjek sederhana:

  • Mira is my friend
    (Mira adalah kawanku)
  • Bulukarto is my village
    (Bulukarto adalah nama desaku)
  • Waiting the bus is boring
    (Menuggu bus adalah membosankan)
  1. A Compound Subject

Bagaimana dengan jenis ini?

 A Compound Subject merupakan salah satu jenis subjek (pelaku) yang bentuk subjeknya terdiri dari 2 (dua) kata atau lebih dari yang dimaksudkan sebagai satu kesatuan. Perhatikan contoh kata yang termasuk dalam dan bisa sebagai A compound Subject atau subjek gabungan:

  • The red polka dot dress is mine
    (Gaun merah bermotif totol-totol itu miliku)
  • The glass of milk is hot
    (Segelas susu itu hangat)
  • some of apples are sweet
    (sebagian apel –apel itu manis)
  • Many students make surprised party to Mr. Toha
    (Banyak murid yang membuat pesta kejutan untuk Pak Toha)

 

Catatan:
Apabila dalam suatu yang tidak ada subjek nyata (berupa nama orang, hewan ataupun benda), maka kita bisa menggunkan kata “it” dan “there” yang dianggap sebagai subjek (pelaku)

Perhatikan contoh kalimat yang termasuk didalamnya bisa sebagai subjek (pelaku)

  • It is a beautiful day today
    (Hari ini adalah hari yang indah)
  • There are many books in the library
    (Ada banyak buku-buku di perpustakaan)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Subject Dalam Tense Lengkap Dengan Jenis Dan Contohnya merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :