elliptical-sentences

Penggunaan Elliptical Sentences Dalam Suatu Kalimat

Posted on

Kita dalam beberapa kesempatan yang lalu, sudah mempelajari mengenai elliptical sentences (kalimat ellipsis) , contoh kalimatnnya, kegunaannya pula. Dalam kesempatan hari ini kita akan menyoroti bahasan mengenai kalimat ellipsis atau elliptical sentences yang bisa terbentuk dari beberapa keten tuan yang berlaku dalam bahasa inggris. Elliptical sentences juga sangat berkaitan dengan kalimat atau sentences , dimana Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis merupakan suatu gabungan antara dua kalimat atau liebih yang dengan tujuan penggabungan tersebut membentuk suatu kesatuan yang terdiri dari subjek(pelaku), predikat (kata kerja atau to be) yang mempunyai kesamaan. Tujuan dari Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis yaitu untuk menghindari pengulangan atau ketimpangan antara subjek, predikat atau tobe yang sama. Dengan adanya Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis kita dipermudah karena bentuk kalimatnya lebih pendek, lebih mudah dimengerti dan yang jelas lebih sederhana.

elliptical-sentences

Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis sering kita temukan dalam sebuah kalimat yang terdapat pada sebuah percakapan (conversation) baik berupa tulisan atau lisan.

Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis mempunyai tujuan untuk menyampaiakan atau menyatakan suatu kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat sehingga terlihat lebih sederhana, singkat dan mudah dimengerti tanpa harus merubah arti atau mempunyai arti yang lain. Penggabungan tersebut apabila ada jenis kata kerja (noun), kata kerja (verb), kata sifat (adjective) atupun kata keterangan tambahan (adverb) yang sama. Apabila tidak ada kesamaan maka kalimat tersebut tidak bisa digabungkan atau menjadi kalimat ellipsis (elliptical sentence)

Any place of elliptical sentences (Beberapa tempat terjadinya kalimat ellipsis) dalam bahasa inggris, akan kita bahas pada kesempatan hari ini. Mengenai elliptical sentences yang bisa terbentuk menyesuaikan dengan tempatnya, antara lain:

  1. Elliptical of subject and (or auxiliary/modal)

Dalam pola kalimat ini, kita diberi suatu kecakapan untuk menyatakan suatu kalimat yang mengharuskan kita menghilangkan subjek (pelaku), auxiliary (kata kerja bantu) atau modal,Penghilangan tersebut karena adanya kesamaan antara keduanya.
Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Melani cooks chicken opor and Melani boils the water in the kitchen
    (Melani memasak opor ayam dan Melani merebus air didapur)
    menjadi
    Melani cooks chicken opor and boils the water in the kitchen
    (Melani memasak opor ayam dan merebus air didapur)
  1. Elliptical of predicate or prediction

Dalam pola kalimat ini, kita diberi suatu kecakapan untuk menyatakan suatu kalimat yang mengharuskan kita menghilangkan ramalan, predikat (biasanya bisa berupa kata kerja/verb dan to be), auxiliary (kata kerja bantu) atau modal,,Penghilangan tersebut karena adanya kesamaan antara keduanya.
Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • I work in a university and my older brother works on a lay firm
    (Aku bekeja di Universitas and kakak lai-lakiku bekerja di firma hokum)
    menjadi
    I work in a university and my older brother on a lay firm
    (Aku berkerja di Universitas and bekerja di firma hokum)

 

  1. Elliptical of direct object or subject complement

Dalam pola kalimat ini, kita diberi suatu kecakapan untuk menyatakan suatu kalimat yang mengharuskan kita menghilangkan objek langsung (direct objeact) dan objek pelengkap tambahan (complemnent object), auxiliary (kata kerja bantu) atau modal,,Penghilangan tersebut karena adanya kesamaan antara keduanya.
Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Renaldi opens the door and Renaldi closes the door
    (Renaldi membuka pintu dan Renaldi menutup pintu)
    menjadi
    Renaldi opens and closes the door
    (Renaldi membuka dan menutup pintu)

 

  1. elliptical of head of noun phrase or propositional complement

Dalam pola kalimat ini, kita diberi suatu kecakapan untuk menyatakan suatu kalimat yang mengharuskan kita menghilangkanpokok frase kata benda (noun phrase), pelengkap kata depan (propositional complement), auxiliary (kata kerja bantu) atau modal,,Penghilangan tersebut karena adanya kesamaan antara keduanya.
Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • we want fried noodle, but they gave us boiled noodle
    (Kami ingin mie goreng tapi mereka memberikan kami mi rebus)
    menjadi
    we want fried noodle, but they gave us boiled
    (Kami ingin mie goreng tapi mereka memberikan kami rebus)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Penggunaan Elliptical Sentences Dalam Suatu Kalimatsemoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: