discussion-text

Penjelasan, Jenis Dan Contoh Discussion Text Terlengkap

Posted on

Kalian sudahlah pernah membuat atau memebaca sebuah wacana atau yang biasanya disebut sebagai sebuah teks, kemungkinan dalam surat kabar, majalah, Koran, teks pidato,, dan masih banyak lagi.

Sebuah wacana ditulis atau dibuat pastilah mempunyai tujuan yang ingin disampaikan oleh pendengar atau pembaca, dengan harapan para pendengar atau pembaca mengerti akan kandungan dari teks atau wacana yang telah ditulis atau dibacakan.

Dalam bahasa inggris ada beberapa jenis wacana atau teks yang biasanya mulai dipelajari dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan perguruan tinggi.

discussion-text

Pada kesempatan hari ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis teks yang berguna sebagai wadah untuk memberikan atau meminta sebuah diskusi anatara permasalahan dengan pendapatay ang mendukung dan pendapat yang menolak.

Perhatikan penjelsannya sebagai beriktu, Discussion text atau yang dikenala sebagai teks deskriptif merupakan salah satu jenis teks yang dibuat atau bertujuan agar pembaca atau pendengar mengeteahui kandungan isi wacana atau yang beisi tentang dua pendapat yang perlu sebuah solusi. Pada jenis teks ini kita diberi kesempatan untuk melupakan smeua pendapat yang ada pada pikiran kita dengan harapan setelah membahas si pembaca dan si pendengar mampu mengambil sebuah kesimpulan dari permasalahan yang sedang berkembang pada lingkungan atau masyarakatkan.

Dalam jenis teks explanation ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar sebuah teks discussion mudah dipahami, antara lain:

Generic Structure

Generic Structure atau yang dikenal sebagai sebuah ururtan struktur atau susunan yang berhubungan bagian-bagain wacana diaman setiap bagian dipisahkan dengan cirri-ciri paragrapnya berbeda. Gereric Structure dari discussion   text   antara lain:

  • Issue or ploblem
    General Statement merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah pernyataan yang memperkenalan subjek atau objek yang disoroti. subjek dan objek yang dimaksud adalah sebuah masalah yang sedang menjadi perbincanagan publik.
  • Argument
    Argument   merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   beberapa pendapat atau ide yang disampaiakan oleh beberapa sumber sehingga si pembaca dan si pendengar mampu mennagkap apa yang menjadi rangkuman dari sebuah permasalahan
  • Conclusion
    Conclusion merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   beberapa rangkuman atau sebuah ringkasan yang berisi tentang kesimpulan dan saran

Language Feature

Language Feature atau yang dikenal sebagai sebuah struktur atau susunan yang berhubungan dengan grammar atau sebuah tata bahasa. Dalam penyusunan discussion text ada beberapa unsure kebahasaan yang harus kita pahami sehingga mempermudah kita membuat dan juga mempermudah para pendengar atau pembaca memahami informasi yang kita ingin sampaikan, antara lain:

  • Menggunakan general noun atau bisa juga disebut kata benda yang berjenis kata benda umum, tidak menyebutkan nama yang khusus.
  • menggunakan abstract noun atau kata benda yang tidak berwujud namun kita bisa merasakan efek yang ditimbulkan.
  • menggunakan modal atau kata kerja bantu yang biasanya berupa kata would, should, must, might, can, will dan lain-lain.
  • menggunakan bahasa evalutif merupakan salah satu jenis bahasa yng berisis tentang kesimpulan atau penilaian dari teks yang sedang dibahas.
  • menggunakan contrastive conjunction merupakan salah satu jenis kata yang berfungsi sebagai kata penghubung yang berlawanan antara kalimat satu dengan kalimat yang mengikutinya.
  • Menggunakan adverbial of manner atau jenis kata keterangan yang mempunyai arti sebuah perkerjaan dilakukan dengan cara yang…
  • menggunakan linking verb atau kata kerja yang menghubungkan kalimat satu dengan yang lain

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Penjelaan, Jenis Dan Contoh Discussion Text Terlengkap  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: