preposition

Penjelasan Tentang Misuse in Preposition (Penyalahgunaan Dalam Kata Depan) Terlengkap

Posted on

Kata sifat dalam benak kita semua merupakan suatu kata yang akan menerangakan suatu sifat yang dim iliki oleh seoranag atau suatu benda . Namun dalam penyampaian ataupun penyusunan dalamsuatu kalimat kita sering atau tidak lepas dari kesalahan dalam pemilihan atau penempatanya. Disini kita akan mengupas bagaimana cara agar kita tidak salah dalam penggunaan kata sifat dalam suatu kalimat.

Misuse in Preposition (Penyalahgunaan Dalam Kata Depan)

Walaupun definisi tentang kata depan (preposition) dan pembagiannya telah banyak dibahas dalam buku-buku bahasa inggris ataupun sumber ahlinya, tetapi kita biasanya masih melakukan suatu kesalahan dalam penggunaan kata depan tersebut dalam sebuah kalimat, baik berupa pemilihan dalam kata depan atau akibat dari adanya kata depan.

preposition

Adapun kesalahan-kesalahan yang biasanya dapat timbul adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan kata depan yang salah dalam suatu kalimat.

Dalam hal ini kita dituntun untuk menbghafal kata depan (preposition) secra harfiah. Kita tidak dapat bertanya mengapa harus menggunakan kata depan (preposition) “in” dab bukan “on” dan sebagainya. Kata epan yang biasanya menyulitkan orang Indonesia terutama dalam menerjemahhkan.Perhatikan contohnya dibawah ini:

  • Penggunaan kata depan “On dan in

Perhatikan contohnya

I put the frame in the wall
(Aku meletakkan bingkai di dinding)
Seharusnya
I put the frame on the wall
(Aku meletakkan bingkai di dinding)
Dalam penggunaan kalimat tersebut yang tepat adalah “on” sebab untuk menunjukan suatu posisi terhadap dinding kita menggunakan “on” yang berarti di (menempel) bukan “in” yang artinya didalam.

  • …….same with …..

…….samae as……
Kesalahan menuliskan “…..same with …” karena kita menerjemahkan kata “Same” berarti sama sedangkan kata “with” berarti dengan. Kita sudah terbiasa menyebut “sama dengan”, bukan “sama seperti (….same as….)” dan lain sebagainya

  1. Subjek yang dipisahkan dari kata kerjanya, dimana ungkapan kata depanya (preposition phrase) menimbulkan banyak kesalahan dalam menentukan kata kerjanya

Perhatikan contohnya dibawah ini:

  • My team and I am celebrating new year party
    Seharusnya
    My team and I are celebrating new year party
    Contoh diatas adalah salah satu karena “am” berfungsi menjelaskan kata benda “I (saya)”. Karena subjeknya “My team and l (Tim sayn dan saya) merupakan subjek jamak dan subjek penggantinya adalah we maka menggunakan “are”.
  • Jack with his friends have already arrived
    (Tuan Jack dengan kawan kawan kawanya sudah tiba)
    Seharusnya
    Mr. Jack with his friends has already arrived
    (Tuan Jack dengan kawan kawan kawanya sudah tiba)
    Contoh diatas adalah salah satu karena ungkapan “with his friend” berfungsi menjelaskan kata benda “Jack”. Untuk menggunakan kata kerja “have”, maka kita harus mengganti kalimat tersebut menjadi:
    Mr. Jack and his friends has already arrived
    (Tuan Jack dengan kawan kawan kawanya sudah tiba)

  1. Tidak memberikan kata depan pada kalimat yang seharusnya diberi kata depan atau terlalu banyak memberikan kata depan (preposition). Perhatikan contoh dibawah ini:
  • Mellani was born in August 10th 1988 in Gadingrejo (Mellani dilahirkan pada tanggal 10 bulan Agustus tahun 1988)
    Seharusnya
    Mellani was born on August 10th 1988 in Gadingrejo (Mellani dilahirkan pada tanggal 10 bulan Agustus tahun 1988)
    Contoh diatas terjadi kesalahan pada kalimat yang pertama karena pemakaian “in” digunakan untuk menyatakan bulan dan tahun saja. Namun apabila dalam penulisan tanggal terdapat tanggal sekaligus maka menggunakan “on
  • I live Jalan Sumatera
    (Aku tinggal di jalan Sumatera)
    Seharusnya
    I live at Jalan Sumatera
    (Aku tinggal di jalan Sumatera)

Demikian penjelasan tentang Penjelasan Tentang Misuse in Preposition (Penyalahgunaan Dalam Kata Depan) Terlengkap merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :