Elliptical Of Direct

Pola Kalimat Elliptical Of Direct Object Or Subject Complement

Posted on

Elliptical sentences juga sangat berkaitan dengan kalimat atau sentences , dimana Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis merupakan suatu gabungan antara dua kalimat atau liebih yang dengan tujuan penggabungan tersebut membentuk suatu kesatuan yang terdiri dari subjek(pelaku), predikat (kata kerja atau to be) yang mempunyai kesamaan. Tujuan dari Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis yaitu untuk menghindari pengulangan atau ketimpangan antara subjek, predikat atau tobe yang sama. Dengan adanya Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis kita dipermudah karena bentuk kalimatnya lebih pendek, lebih mudah dimengerti dan yang jelas lebih sederhana.

Elliptical Of Direct

Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis sering kita temukan dalam sebuah kalimat yang terdapat pada sebuah percakapan (conversation) baik berupa tulisan atau lisan.

Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis mempunyai tujuan untuk menyampaiakan atau menyatakan suatu kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat sehingga terlihat lebih sederhana, singkat dan mudah dimengerti tanpa harus merubah arti atau mempunyai arti yang lain. Penggabungan tersebut apabila ada jenis kata kerja (noun), kata kerja (verb), kata sifat (adjective) atupun kata keterangan tambahan (adverb) yang sama. Apabila tidak ada kesamaan maka kalimat tersebut tidak bisa digabungkan atau menjadi kalimat ellipsis (elliptical sentence)

Untuk ketentuan yang akan kita soroti untuk hari adalah Elliptical of direct object or subject complement

Dalam pola kalimat ini, kita diberi suatu kecakapan untuk menyatakan suatu kalimat yang mengharuskan kita menghilangkan objek langsung (direct objeact) dan objek pelengkap tambahan (complemnent object), auxiliary (kata kerja bantu) atau modal,,Penghilangan tersebut karena adanya kesamaan antara keduanya.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • Renaldi opens the door and Renaldi closes the door
    (Renaldi membuka pintu dan Renaldi menutup pintu)
    menjadi
    Renaldi opens and closes the door
    (Renaldi membuka dan menutup pintu)

    penjelasannya:
    dari kalimat diatas terdapat kesamaan kata benda objek berupa kata “door (pintu)”, sehingga dikalimat kedua tidak perlu ditulis kembali.

  • Gilang cuts the papers and Miranda cuts the papers
    (Gilang memotong kertas –kertas dan Miranda memotong kertas –kertas)
    menjadi
    Gilang cuts the papers and Miranda
    (Gilang memotong kertas –kertas dan Miranda)

    penjelasannya:
    dari kalimat diatas terdapat kesamaan kata benda objek berupa kata “papers (kertas-kertas)” sehingga dikalimat kedua tidak perlu ditulis kembali.

  • Winda reads the books in the library and Tommy borrows the novels in the library
    (Winda membaca buku di perpustakaan dan Tommy meminjam novel-novel di perpustakaan)
    menjadi
    Winda reads the books in the library and Tommy borrows the novels
    (Winda membaca buku di perpustakaan dan Tommy meminjam novel-novel )

    penjelasannya:
    dari kalimat diatas terdapat kesamaan kata benda objek berupa kata “in the library
    (di perpustakaan)” sehingga dikalimat kedua tidak perlu ditulis kembali.

  • they kick the ball dan Rinda takes the ball
    (Mereka menendang bola dan Rinda mengambil bola)
    menjadi
    they kick the ball dan Rinda takes
    (Mereka menendang bola dan Rinda mengambil)

    penjelasannya:
    dari kalimat diatas terdapat kesamaan kata benda objek berupa kata “ball (bola)” sehingga dikalimat kedua tidak perlu ditulis kembali.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pola Kalimat Elliptical Of Direct Object Or Subject Complementsemoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: