spoof text

Spoof Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure Dan Language feature

Posted on

Hello kawan pada kesempatan hari ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis teks yang digunakan untuk menyatakan sebuah wacana yang berisi tentang cerita yang bisa bersifat tidak nyata dan bisa juga cerita nyata dimana akhir dari sebuah ceritanya tidak terduga dan bersifat menghibur.

Kalian pastilah sudah pernah membuat sebuah karangan yang mengharuskan kalian mengembangkan dari ide pokok atau mengikuti apa yang kalian pikirkan atau bayangkan?

pada dasarnya, Sebuah wacana ditulis atau dibuat pastilah mempunyai tujuan yang ingin disampaikan oleh pendengar atau pembaca, dengan harapan para pendengar atau pembaca mengerti akan kandungan dari teks atau wacana yang telah ditulis atau dibacakan.

spoof text

Dalam bahasa inggris ada beberapa jenis wacana atau teks yang biasanya mulai dipelajari dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan perguruan tinggi.

Berikut ini adalah beberapa jenis wacara atau teks yang biasa kita temui dan penjelasannya agar kalian semua mengetahui letak perbedaan anatara satu sama lain, namun yang akan kita bahas dalam kesempatan hari ini mengenai spoof text .

spoof text atau yang dikenal sebagai teks naratif teks yang berakhir sebuah cerita yang tidak terduga dan menghibur. Spoof text atau yang dikenal sebagai teks deskriptif merupakan salah satu jenis teks yang dibuat atau bertujuan agar pembaca atau pendengar mengeteahui kandungan isi wacana atau yang beisi tentang menceritakan sebbuah cerita fiktif yang lucu.

Dalam jenis teks spoof   ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar sebuah teks spoof mudah dipahami, antara lain:

Generic Structure

Generic Structure atau yang dikenal sebagai sebuah ururtan struktur atau susunan yang berhubungan bagian-bagain wacana diaman setiap bagian dipisahkan dengan cirri-ciri paragrapnya berbeda. Gereric Structure dari spoof text   antara lain:

  • 0rientation
    orientation   merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah pernyataan yang memperkenalan subjek atau objek yang disoroti. subjek dan objek yang dimaksud bisa berupa nama sebuah cerita fiktif atau tidak nyata dan kemungkinan sebuah cerita yang diangkat dari sebuah cerita nyata.

  • events
    events merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   urutan kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu yang sistematis dan teratur. maksudnya teratur bahwa dalam merangkaiakan peristiwanya secara berurutan dari awal sampai akhir peristiwa

  • twist
    twist merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   sebuah akhir cerita yang membuat si pembaca dan si pendengar terkaget-kaget karena akhir ceritanya bersifat tidak terduga atau justru membuat si pembaca dan si pendengar tertawa

Language Feature

Language Feature atau yang dikenal sebagai sebuah struktur atau susunan yang berhubungan dengan grammar atau sebuah tata bahasa. Dalam penyusunan descriptive text ada beberapa unsure kebahasaan yang harus kita pahami sehingga mempermudah kita membuat dan juga mempermudah para pendengar atau pembaca memahami informasi yang kita ingin sampaikan, antara lain:

  • menggunakan noun yang spesifik, dimana menyebutkan sebuah tokok yang akan dijadikan sebuah peran utama
  • menggunakan individual participant atau jenis kata benda yang menunjukan kata benda yang khusus
  • menggunakan sebuah tense ynag menunjukkan sebuah kejadian yang terjadi dimasa lampau, the simple past tense
  • menggunakan action verb atau kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan bahwa si tokoh melakukan sebuah kegiatan
  • menggunakan saying verb atau jenis kalimat yang biasanya digunakan dalam kalimat tidak langsung (indirect speech) dan kalimat langsung (direct speech)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Spoof Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure Dan Language feature  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya: