implied conditional

The Implied Conditional Sentences (Kalimat Pengandaian Tersirat)

Posted on

Salam bahagia sahabat Bahasa Inggris Oke… Jumpa lagi dengan postingan kali ini yang masih membahas tentang Conditional Sentences. Masih ingat apa itu Conditional Sentences? pada postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian dan jenis jenis dari conditional sentences. Kita ingatkan lagi bahwa Kalimat conditional sentences atau bisa disebut sebagai kalimat pengandaian, karena kalimat ini menyatakan suatu yang tidak sesuai dengan kenyataan atau fakta yang ada apabila syaratnya tidak terpenuhi. Sedangkan kalimat bersyarat, karena menyatakan suatu yang mungkin terjadi terjadi jika syaratnya terpenuhi. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai The implied Conditional Sentences (Kalimat pengandaian yang tersirat).

implied conditional

The implied Conditional Sentences

The implied Conditional Sentences (Kalimat pengandaian yang tersirat) ini sering disebut sebagai if clause yang dinyatakan secara jelas (eksplisit), tetapi disembunyikan (implicit), namun main clause yang menunjukkan hasil atau akibat tampak jelas dalam kalimat tersebut. The implied Conditional Sentences (Kalimat pengandaian yang tersirat) ini hanya bisa dilakukan pada kalimat pengandaian (conditiona sentences) dalam type 2 dan type 3. Perhatikan rumus The implied Conditional Sentences (Kalimat pengandaian yang tersirat) dibawah ini:

Fact Subordinate Clause, But/ otherwise + Main Clause

Or

But/otherwise + main clause , Fact Subordinate Clause

Dalam Perhatikan rumus The implied Conditional Sentences (Kalimat pengandaian yang tersirat) kita menggunakan kat penghubung “ but yang mempunyai arti dasar namun” atau kata”otherwise yamg mempunyai arti dasar kalau tidak). Penggunaan salah satu kata tersebut bertujuan agar dalam suatu Perhatikan rumus The implied Conditional Sentences (Kalimat pengandaian yang tersirat) dibaterbentuk struktur kalimat yang mudah dimengerti dan sesuai dengan grammar dalam bahasa inggris. Untuk lebih jelas,Perhatikan contoh kalimat The implied Conditional Sentences (Kalimat pengandaian yang tersirat) dibawah ini:

  • I would have gone with you, if I had not to babysit my little sister
    (Aku akan sudah pergi dengan kamu, seandainya aku tidak harus menjaga saudara perempuanku)
    Fact:
    I did not go with you because I had to babysit my little sister
    ( aku tidak pergi dengan kamu karena aku akau harus menjaga saudara perempuanku)

Implied : if she had not ran, she would have missed her bus
(Seandainya dia(perempuan) tidak berlari, dia kan ketinggalan busnya)

  • If she had ran, she would have  missed her bus
    (Seandinya dia (perempuan) berlari, dia tidak akan ketinggalan busnya)
    Fact:
    she did not run so she did not miss her bus
    (Dia(perempuan) tidak berlari sehingga dia ketinggalan tidak ketinggalan busnya)

Implied : She ran: otherwise, she would have missed her bus
(Dia(perempuan) berlari, kalau tidak , dia akan ketinggalan busnya)

Demikanlah pejelasan yang bisa di sampaikan, semoga dapat menambah wawasan yang bermanfaat baik untuk mengasah kemampuan bahasa inggris anda menjadi lebih baik. Semoga literatur pada artikel yang berjudul The Implied Conditional Sentences (Kalimat Pengandaian Tersirat) kali ini bermanfaat, sampai jumpa pada posting berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :