infinitive grammar

The Kinds of Infinitive (Macam-Macam Kata Kerja Dasar)

Posted on

Infinitive atau Bentuk Dasar Kata Kerja

Pada kesempatan sebelumnya kita, sebagaimana telah dijelaskan pada pembahasan baba kata kerja (verb) bahwa infinitive atau bentuk dasar kata kerja merupakan sebuah kata yang belum mengalami perubahan bentukm, baik karena perubahan waktu (tense) atau penambahan akhiran huruf –es/s. Kata kerja ini dalam beberapa referensi sering disebut dengan bentuk kata kerja pertama yang disingkat dengan “Verb “. Misalnya : see (melihat), hear (mendengar), look (melihat), go (pergi), to smoke (merokok), to read (membaca), to speak (berbicara) dan lain-lain.

infinitive grammar

The kinds of Infinitive

The kinds of Infinitive (Macam-macam kata kerja Dasar). Pada umunya kata kerja dasar (infinitive) dibagi menjadi 2 (dua) macam golongan, yaitu:

Infinitive Without To

Infinitive Without To (kata kerja Dasar tanpa To) merupakan kata kerja dasar yang tidak diawali oleh kata “to”. kata kerja Dasar ini seringdisebut dengan Bare infinitive (kata kerja asli). Misalnya: see (melihat), hear (mendengar), look (melihat), go (pergi), smoke (merokok), read (membaca), speak (berbicara) dan lain-lain. Berdasarkan struktur kalimat bahasa inggris bahwa bara infinitive (kata kerja asli) ini dapat digunakan pada:

  1. Setelah kata kerja bantu (auxiliary verb), kecuali to be (primary auxiliary verb), seperti: can (dapat), could (dapat), shall (akan), should (sebaiknya), will (akan), would (akan), may (boleh), might (boleh) dan lain-lain. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:
    • I can speak English
      (aku bisa berbicara bahasa inggris)
    • She will come to my home tomorrow
      (dia(perempuan) akan datang kerumahku besok)
  2. Setelah beberapa kelompok kata-kata tertentu, seperti : watch (menonton), see (melihat), hear (mendengar), observe (mengamati), feel (merasa), please (silahkan), listen (mendengar) dan lain-lainnya. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:
    • Please come here quickly
      (Silahkan datang dengan cepat)
    • I saw the kittens run across the street
      (Saya melihat anak-anak kucing berlari menyeberang jalan)
  3. Didahului oleh kata had better (lebih baik), had rather (lebih suka), dan would rather (lebih suka). Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini
    • You had better go to my home
      (Kamu lebih baik pergi ke rumahku)
    • They would rather stay at home
      (Mereka lebih baik berada dirumah)
  4. Diawali dengan kata need (membutuhkan) dan dare (berani) pad kalimat negative dan kalimat Tanya (interrogative sentences ).Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini
    • I dare not tell it to you
      (aku tidak berani menceritakan padamu)
    • They need not stay at your home
      (Mereka tidak perlu berada dirumahmu)
  5.  Setelah kata kerja kausatif (causative verb), seperti: have/has/had (menyuruh), get (menyuruh), make (menyuruh ), let (memperbolehkan), want (menginginkan), help (membantu) dan lain-lainnya. Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:
    • He lets me go
      (Dia(laki-laki) membiarkanku pergi)
    • He helps my brother bring the goods
      (Dia (laki-laki) membantu saudara laki-lakiku membawa barang-barang)

Infinitive WithTo

Infinitive WithTo (kata kerja Dasar dengan To) merupakan kata kerja dasar yang diawali oleh kata “to”. kata kerja Dasar ini seringdisebut dengan to infinitive. Misalnya: to see (melihat), to hear (mendengar),to look (melihat), to go (pergi), to smoke (merokok), to read (membaca), to speak (berbicara) dan lain-lain.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini

  • We promise to collect the home works on time
    (Kami berjanji mengumpulkan pekerjaan rumah tepat waktu)
  • He bought the magazine to read
    (Dia(laki-laki) membeli majalah untuk dibaca)